Health

4 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Orang-orang Introvert

4 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Orang-orang Introvert

Buat orang yang punya tipe kepribadian introvert, ikut kelas zumba dengan begitu banyak orang atau main futsal ramai-ramai mungkin bikin Anda merasa kurang nyaman. Olahraga jadi terasa lebih melelahkan bila harus berbasa-basi dan berinteraksi dengan banyak orang sekaligus. Jangan biarkan hal ini memadamkan niat Anda berolahraga. Ada banyak pilihan jenis olahraga untuk introvert yang paling sesuai dengan kepribadian Anda. Intip di sini, yuk!

Mengenal kepribadian introvert

Pada kenyataannya, seseorang yang introvert bukan takut pada interaksi sosial seperti seorang pemalu. Berbeda dengan ekstrovert yang spontan, tipe kepribadian introvert mungkin terlihat pendiam karena cenderung akan banyak berpikir dulu sebelum memutuskan bicara.

Orang introvert cenderung lebih banyak menggunakan lobus frontalis, yaitu bagian otak yang bertugas merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat. Dalam berinteraksi, orang-orang dengan tipe introvert cenderung lebih nyaman untuk mengobrol secara empat mata dibandingkan ngobrol dengan sekelompok besar orang.

Mereka juga merasa bahwa interaksi dengan sedikit orang memiliki makna yang dalam dan lebih bermanfaat. Jadi ketika harus berinteraksi dengan banyak orang sekaligus, orang introvert mungkin akan bicara sekadarnya saja.

Jenis olahraga untuk introvert

Tidak ada yang salah jika Anda memiliki kepribadian introvert. Yang salah adalah jika Anda malas olahraga. Kesehatan Anda yang justru dirugikan.

Jangan khawatir Anda harus terpaksa berbasa-basi dengan banyak orang. Ada beberapa jenis olahraga untuk introvert. Dilansir dari situs kebugaran Fitness Magazine, ini dia beberapa pilihannya.

1. Berenang

Bagi orang dengan kepribadian introvert, berenang bisa menjadi ajang “mengekspresikan kebebasan” Anda. Masalahnya, berada di dalam air memberikan sensasi kesunyian dan ketenangan, bebas dari suara-suara atau gangguan dari orang lain.

Berenang adalah kesempatan yang baik untuk memusatkan diri dengan pikiran Anda sendiri, sembari melakukan gerakan-gerakan berulang yang menenangkan.

Untuk mendukung sesi berenang Anda, pastikan pakaian renang yang dikenakan terasa nyaman. Bila perlu, gunakan kacamata renang yang dapat membantu Anda terhindar dari rasa menyengat pada mata akibat klorin yang umumnya digunakan pada air di kolam renang.

2. Latihan interval

Latihan interval intensitas tinggi (high-intensity interval training, HIIT) dipercaya dapat membakar kalori lebih efektif. Maksud dari intensitas tinggi adalah menggunakan energi sebanyak mungkin dalam waktu singkat. Satu hal yang paling menarik dari olahraga ini adalah bisa dilakukan secara solo alias sendirian.

Latihan ini dilakukan dengan meningkatkan kecepatan dan intensitas olahraga hingga maksimal, kemudian kembali ke kecepatan sesuai kenyamanan Anda. Ulangi lagi dengan meningkatkan kecepatan, kemudian kembali lagi.

Misalnya jika dilakukan dengan sepeda statis, Anda dapat memulai pemanasan selama 2 menit, kemudian 30 detik mengayuh sepeda statis secepat mungkin, diikuti 4 menit kayuhan ringan. Kemudian ulangi lagi tahapan ini.

3. Pilates

Senam pilates merupakan latihan otot perut yang berfokus pada otot perut Anda. Senam pilates merupakan latihan otot perut dengan risiko cedera yang rendah jika diikuti dengan benar. Ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin membentuk otot perut.

Untuk mendapatkan manfaat lebih banyak dari pilates, latihan pernapasan akan membantu memperkuat otot perut Anda dan melindungi punggung bawah.

Gerakan pilates berfokus pada perut, punggung bagian bawah, panggul, dan paha. Metode yang digunakan terdiri dari gerakan ketahanan dan kekuatan otot, serta latihan kelenturan yang tergolong low-impact. Perasaan rileks setelah melakukan olahraga ini paling disukai oleh para mereka yang memiliki kepribadian introvert.

4. Yoga

Bila Anda sedang mencari-cari cara mudah dan praktis untuk menyehatkan tubuh serta pikiran, maka yoga bisa menjadi pilihan yang tepat.  Seseorang yang melakukan yoga pada umumnya ingin merelaksasi tubuh dari kesibukan aktivitas sehari-hari. Latihan yoga bertujuan menantang ketahanan fisik yang berfokus kepada pengaturan napas yang disertai ketenangan batin.

Semua jenis yoga pada dasarnya dapat membantu Anda menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan tubuh, dan menenangkan pikiran. Guna mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda harus memilih jenis yoga yang cocok dengan tujuan melakukan yoga serta kepribadian Anda. Yoga adalah olahraga untuk introvert yang cocok karena merupakan aktivitas yang cenderung tenang dan sepi.

The post 4 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Orang-orang Introvert appeared first on Hello Sehat.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

olahraga 
To Top