Health

4 Manfaat Kesehatan Makan Biji Semangka

4 Manfaat Kesehatan Makan Biji Semangka

Sebagian besar masyarakat Asia dan Timur tengah telah merasakan manfaat biji semangka. Siapa sangka kalau selain dagingnya, ternyata biji semangka bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat?

Biji semangka diproses dengan cara dikeringkan, dipanggang dan dikonsumsi sebagai camilan, meski kadang juga digunakan untuk bahan sup dan saus. Lalu, apa saja manfaat biji semangka untuk kesehatan? Simak pembahasannya di bawah ini.

Kandungan dan manfaat biji semangka

1. Rendah kalori

Selain menyehatkan, ternyata camilan biji semangka mengandung jumlah kalori yang sedikit. Dalam jumlah satu ons biji semangka, yaitu sekitar 400 butir, mengandung sekitar 158 kalori. Nyatanya kalori tersebut tidak jauh lebih rendah daripada satu ons keripik kentang (15 keping) yang berjumlah 160 kalori.

Maka dari itu, bagi Anda yang sedang berupaya diet atau menurunkan berat badan tidak ada salahnya untuk mengganti camilan dengan biji semangka panggang sebagai salah satu asupan diet Anda.

2. Mengandung protein

Pada satu cangkir biji semangka kering mengandung 30,6 gram protein, itu sama halnya dengan memenuhi jumlah kebutuhan protein harian sebanyak 61% dari jumlah yang dibutuhkan perharinya. Protein dalam biji semangka terdiri dari beberapa asam amino, salah satunya adalah arginin.

Sebetulnya tubuh juga bisa menghasilkan arginin, namun pada beberapa kondisi kesehatan tubuh akan lebih baik ditambah arginin dari sumber makanan lain. Beberapa manfaat kesehatan dari arginine termasuk mengatur tekanan darah dan mengobati penyakit jantung koroner. Lalu, ada beberapa zat asam amino lainnya yang membentuk protein pada biji semangka, termasuk triptofan, asam glutamat, dan lisin.

3. Vitamin

The American Cancer Society mengatakan bahwa vitamin B pada manfaat biji semangka diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi serta dapat menjadi fungsi tubuh penting lainnya. Salah satu jenis vitamin B yang banyak terdapat di biji semangka adalah niasin. Niasin penting untuk menjaga sistem saraf, sistem pencernaan dan kesehatan kulit.

Satu cangkir biji semangka kering mengandung 3,8 mg niasin, yaitu mencukupi sekitar 19 persen dari kebutuhan harian vitamin B. Vitamin B lainnya pada biji semangka meliputi folat, thiamin, riboflavin, vitamin B6 dan asam pantotenat.

4. Mengandung mineral

Tidak hanya akan vitamin dan protein saja, manfaat biji semangka lainnya yaitu mengandung mineral magnesium yang berlimpah. Magnesium yang terdapat dalam biji semangka sebanyak  556 mg, atau sekitar 139 persen lebih banyak kebutuhan magnesium tubuh sehari-harinya.

Menurut National Institutes of Health, magnesium membantu mengatur tekanan darah dan memetabolisme karbohidrat, serta memiliki efek menguntungkan pada gula darah tubuh. Mineral penting lainnya dalam biji semangka adalah fosfor, besi, kalium, natrium, tembaga, mangan dan seng.

The post 4 Manfaat Kesehatan Makan Biji Semangka appeared first on Hello Sehat.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

biji semangka 
To Top