News

5 Aksi Khas Penonton Bulu Tangkis Indonesia

5 Aksi Khas Penonton Bulu Tangkis Indonesia

Indonesia Open 2017 baru saja selesai digelar. Meskipun tahun ini ia digelar di arena yang baru, yakni Jakarta Convention Center, dan dalam suasana Ramadhan pula, aksi-aksi khas suporter Indonesia tetap terlihat dan terdengar di sekitar lapangan pertandingan.

Selama ini Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak penonton dan penggemar bulu tangkis bersikap ekspresif saat menyaksikan pertandingan. Teriakan, sorakan, dan tepuk tangan selalu riuh terdengar jika turnamen bulu tangkis internasional diadakan di Indonesia.

Kehebohan para penonton Indonesia itu pun menjadi daya tarik tersendiri bagi atlet-atlet dari negara lain yang berlaga di Indonesia Open tahun ini. Pasangan ganda campuran asal Inggris misalnya, Chris dan Gabrielle Adcock, menyebut keberadaan para penonton Indonesia membuat pertandingan bulu tangkis di Indonesia terasa lebih hidup dan membuat para atlet lebih bersemangat dalam bertanding.

Negara-negara lain tidak pernah memiliki penonton bulu tangkis yang seatraktif dan seheboh Indonesia. Apa saja yang khas dari para penggemar bulu tangkis Indonesia?

1. Yel-Yel “IN-DO-NE-SIA” dan Tepukan Balon Stik

Pendukung bulu tangkis Indonesia memiliki cara-cara unik tersendiri ketika mendukung atlet-atlet nasional mereka. Cara paling khas yang selalu muncul adalah teriakan yel-yel dengan cara menyebut kata Indonesia dengan nada yang khas. 

“IN-DO-NE-SIA,” begitulah mereka terbiasa meneriakkan kata Indonesia dengan membaginya menjadi empat suku kata. Setiap suku kata dari kata "Indonesia" itu mereka teriakkan dengan nada yang sama-sama tinggi. Dalam yel-yel tersebut, setelah meneriakkan kata Indonesia, mereka kemudian menepuk-nepukkan balon stik sehingga berbunyi seperti "prok-prok prok-prok-prok". 

2. Teriakan “Eeaaaa”

Teriakan semacam ini juga hanya dimiliki dan dilakukan oleh para penonton Indonesia. Penonton bulu tangkis asal Indonesia terbiasa meneriakkan kata “eeeaaa” ketika atlet mereka akan memukul kok yang melayang udara.

Teriakan ini biasanya akan mereka lontarkan ketika atlet Indonesia yang mereka dukung tampak mengambil ancang-ancang hendak melakukan smash, jump smash, ataupun jump shot. Para penonton itu barangkali berpikir teriakan semacam ini dapat memperkuat psikologis atlet Indonesia.

3. Teriakan “Huuu

Teriakan khas semacam ini juga jamak dilakukan oleh para penonton Indonesia. Mereka terbiasa meneriakkan kata “huuu” ketika atlet dari negara lain tengah menerima pukulan kok dari atlet Indonesia. 

Teriakkan “huuu” semacam ini mungkin saja bisa membuat konsentrasi dan psikologis atlet lawan terganggu ketika hendak menerima atau memukul balik pukulan kok atlet tanah air. Sungguh lucu menyaksikan teriakan “eeeaaa” berselang-seling dengan teriakan “huuu” ini.

4. Minta Foto Bareng

Para penonton Indonesia tidak sungkan-sungkan untuk meminta foto bersama dengan para atlet yang berlaga. Tidak hanya atlet dalam negeri, tetapi juga atlet negara-negara lain. 

Pada Indonesia Open 2017, salah satu atlet luar negeri yang kerap diminta foto bersama adalah Chen Qingchen. Banyak penonton dari Indonesia yang dengan bangga mengunggah hasil foto bersama mereka dengan atlet asal Tiongkok yang menjuarai Indonesia Open 2017 untuk kategori ganda putri tersebut. 

5. Memberikan Hadiah

Aksi memukau Chen Qingchen pada ajang Indonesia Open tahun ini membuat dirinya mendapat banyak penggemar dari kalangan penonton Indonesia. Beberapa kali Chen Qingchen diberikan hadiah oleh sejumlah penonton bulu tangkis Indonesia.

Salah satu yang khas dari penggemar bulu tangkis Indonesia adalah sikap mereka yang rela mengeluarkan kocek sendiri untuk memberikan sesuatu kepada idola mereka. Chen misalnya yang menjadi idola baru bagi sebagian kalangan penonton bulu tangkis Indonesia itu, pernah diberikan hadiah berupa bantal hingga kaus oleh mereka.

Unik-unik ya, aksi para penonton bulu tangkis Indonesia. 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top