Games

5 Bahaya Terlalu Lama Bermain Game

5 Bahaya Terlalu Lama Bermain Game

Cosplayer Alodia Almira / © Instagram

Tidak ada salahnya bermain game. Baik itu di ponsel pintar, komputer atau konsol game sekalipun. Dengan permainan ini,menjadi hal yang sangat menyenangkan dan menghibur.

Namun jangan pula gara-gara bermain game jadi lupa segalanya. Bahkan saking asyiknya sampai lupa waktu.

Bukan karena jadi mengabaikan sejumlah aktivitas, namun juga ada bahaya yang mengintai saat bermain game terlalu lama.

Seperti UZone.id kutip dari ZDnet, berikut 5 bahaya bermain game bila terlalu lama.

Kebutaan

Karena terlalu lama menatap layar, bermain game rentang membuat Kerusakan pada mata. Salah satu kasusnya di Oktober 2017, seorang wanita asal Guangdong, Tiongkok, mendadak buta karena bermain game mobile Honour of Kings selama 24 jam non-stop.

Wanita bernama Wu Xiaojing ini kehilangan penglihatan sebelah kanan dan belakangan Wu didiagnosa menderita oklusi retina mata kanan.

Perempuan muda di Tiongkok, Wu Xiaojing, buta karena kecanduan game Honour of Kings

Kecanduan

Jika kamu terlalu lama bermain game tentu bisa menyebabkan kecanduan dan tak bisa berhenti main game. Bahkan, hasil studi yang dilakukan Iowa State University menyebut, sekitar 4-10 persen orang dengan waktu normal juga bisa kecanduan game.

Kegemukan

Bermain game terlalu lama ternyata juga bisa menimbulkan obesitas. Bagaimana tidak, saat asyik bermain game biasanya seseorang terus duduk dalam jangka waktu lama tanpa bergerak sama sekali.

Apalagi aktivitas ini dibarengi dengan makan cemilan, bahaya obesitas pun mengintai.

 

Kerusakan Punggung Bawah

Bahaya lain dari bermain game terlalu lama adalah kerusakan punggung bawah. Lazimnya gejala ini dialami orang yang sudah berusia lanjut.

Namun berdasarkan laporan European Spine Journal, bermain game ternyata berhubungan dengan punggung manusia. Jika seseorang bermain gim terlalu lama, berapa pun usianya, ia rentan mengalami kerusakan punggung, terutama di bagian bawah.

Bila kamu yang berlebihan saat main game, harus lebih pandai mengatur waktu main game.

Kejang-Kejang

Mayoritas penderita epilepsi berpotensi mengalami kejang-kejang jika bermain gim terlalu lama. Hasil penelitian yang dilakukan National Institutes of Health menyebut, 27 dari 35 penderita epilepsi mengalami kejang karena terlalu lama main game.

 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

Games serba 5 
To Top