Sport

5 Tim Besar yang Gagal ke Piala Dunia 2018

5 Tim Besar yang Gagal ke Piala Dunia 2018

Kegagalan timnas Italia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 menambah daftar tim besar yang gagal tampil di Rusia tahun depan. Setidaknya ada lima tim besar yang gagal ke Piala Dunia 2018.

Timnas Italia gagal ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah ditahan imbang Swedia pada leg kedua playoff di Stadion San Siro, Milan, Senin (13/11). Swedia menyingkirkan Italia dengan keunggulan agregat 1-0.

Timnas Italia untuk kali pertama sejak 1958 gagal lolos ke putaran final Piala Dunia. Ditambah edisi pertama pada 1930, maka timnas Italia total baru tiga kali gagal lolos ke Piala Dunia.

Sebelum kegagalan Italia, setidaknya ada empat tim besar lainnya yang gagal ke putaran final Piala Dunia 2018. Di zona Eropa ada timnas Belanda dan timnas Wales.

Timnas Italia disingkirkan Swedia di babak playoff Piala Dunia 2018.Timnas Italia disingkirkan Swedia di babak playoff Piala Dunia 2018. (AFP PHOTO / Marco BERTORELLO)

Timnas Belanda gagal bersaing dengan Swedia dalam perebutan posisi runner-up Grup A untuk lolos ke babak playoff. Gelar juara Grup A direbut oleh timnas Perancis.

Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 membuat kesialan timnas Belanda berlanjut. Tim Oranje tahun lalu juga gagal ke putaran final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Perancis.

Timnas Belanda dua kali beruntun gagal lolos ke turnamen besar.Timnas Belanda dua kali beruntun gagal lolos ke turnamen besar. (AFP PHOTO / EMMANUEL DUNAND)

Kegagalan timnas Wales juga cukup mengejutkan. Pasalnya, Gareth Bale dan kawan-kawan merupakan tim semifinalis Piala Eropa 2016. Timnas Wales hanya mampu finis ketiga pada klasemen akhir Grup D kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Dari zona Amerika Latin atau CONMEBOL, timnas Chile yang merupakan tim favorit, justru gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah kalah 0-3 dari timnas Brasil pada laga terakhir di Stadion Allianz Parque, Sao Paulo, 10 Oktober lalu.

Tidak lolosnya timnas Chile merupakan salah satu kejutan. Pasalnya, Alexis Sanchez dan kawan-kawan merupakan juara bertahan Copa America di dua edisi sebelumnya.

Kejutan terakhir datang dari zona CONCACAF. Timnas Amerika Serikat untuk kali pertama sejak 1986 gagal ke putaran final Piala Dunia. Kekalahan 1-2 dari Trinidad dan Tobago, Oktober lalu, membuat timnas AS hanya menduduki peringkat lima klasemen akhir zona CONCACAF.

Berita Terkait

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

timnas italia 
To Top