Technology

6 Hewan Purba yang Masih Hidup Bersama Kita

6 Hewan Purba yang Masih Hidup Bersama Kita


Hampir semua makhluk hidup melalui evolusi panjang, termasuk pula hewan. Miliaran spesies punah, namun tak sedikit juga yang berubah wajah.

Tapi, ada pula beberapa hewan yang konon dipercaya para ilmuwan tidak berevolusi banyak meski melewati seleksi alam. Bahkan, mereka masih bertahan di sekitar kita sampai hari ini, dengan wajah atau wujud yang relatif sama dengan ratusan juta tahun lampau.

Ada apa saja? Ini enam di antaranya.



Nautilus

Spesies moluska laut yang masuk dalam famili Nautilidae ini dipercaya telah ada sejak 500 juta tahun lalu.

Meski bercangkang, Nautilus masih berkerabat dengan cumi-cumi dan gurita. Hewan yang bisa memiliki 90 tentakel dan berdiameter 3-30 cm diketahui telah hidup sejak jutaan tahun lalu dengan bentuk yang tidak banyak berubah, sehingga dianggap fosil hidup.


 Lampre

Sebutan untuk sejenis ikan yang bentuknya panjang dan tidak bersisik mirip belut.
Walaupun penampilannya menyerupai belut, lampre bukanlah belut karena keduanya memiliki banyak perbedaan fisik.

Lampre sejenis ikan tak bertaring, yang merupakan spesies minoritas.

Dalam zoologi, lampre sering tidak dianggap sebagai ikan sejati karena morfologi dan fisiologinya yang berbeda. Tubuhnya dapat dibedakan atas caput (kepala), truncus (batang tubuh), dan cauda (ekor).

Dengan fisik yang unik itu, kamu nggak akan menyangka kalau ikan ini telah selamat dan bertahan dari berbagai seleksi alam hingga 360 juta tahun terakhir.

Bahkan, sejarah menyebutkan, lampre merupakan santapan favorit masyarakat Romawi Kuno. Di Abad Pertengahan, masyarakat Eropa kelas atas juga gemar memakannya.



Ubur-ubur

Nah, dibandingkan dua spesies sebelumnya, tentu yang satu ini jauh lebih familiar.

Ubur-ubur. Hewan ini dipercaya telah menghuni Bumi jauh sebelum ummat manusia ada. Perkiraan para ilmuwan, ya sekitar 500 juta, bahkan bisa sampai 700 juta lampau.

Jika valid, berarti ubur-ubur sudah ada bahkan sebelum spesies dinosaurus ada. Tua banget, ya!


 Kalajengking

Hewan delapan kaki (oktopoda) beruas ini diduga telah berkeliaran di Bumi sejak 430 juta tahun yang lalu.

Meski reputasinya dikenal sebagai hewan yang menakutkan, namun diperkirakan hanya 25 dari 1.700 spesies kalajengking yang diketahui berbisa dan mampu membunuh manusia.

Buaya

Nenek moyang buaya dan aligator telah berada di Bumi sejak 200 juta tahun yang lalu. Namun, beberapa spesies dilaporkan punah.

Mereka yang bertahan sampai hari ini --yang tampak sangat menakutkan bagi manusia-- diyakini sebagai salah satu spesies buaya terkecil, dan menjadi predator puncak di rantai makanan airselama 85 juta tahun terakhir.


Pelikan

Pelikan mungkin tidak setua hewan lain di daftar kami. Tapi tetap saja, bukti fosil mengungkap bahwa unggas berparuh panjang ini sudah beredar di angkasa sejak 30 tahun lalu sampai hari ini.

Walau belakangan diketahui ada sedikit perbedaan pada ukuran paruh, di mana yang lama konon memiliki dimensi lebih besar.

Tetap saja, pelikan hari ini masih terlihat gagah dan mengesankan.

 

 

 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

sains Arah hewan purba 
To Top