Travel

7 Aturan Bandara Yang Harus Anda Ketahui

7 Aturan Bandara Yang Harus Anda Ketahui

Ingin melakukan perjalanan dengan pesawat? Untuk mempermudah perjalanan Anda dan mempersingkat waktu pemeriksaan di bandara, ada baiknya Anda catat 7 aturan berikut.

 

Bawa Cairan dalam Jumlah yang Ditentukan

Baik penerbangan internasional maupun penerbangan domestik, sebaiknya jangan membawa cairan lebih dari 100 mililiter. Membawa cairan dalam jumlah yang lebih besar dipastikan akan disita oleh petugas keamanan bandara.

Walaupun begitu, tetap ada pengecualian soal aturan ini, seperti obat-obatan – terutama obat diabetes, susu bayi dan ASI. Benda lain seperti cairan yang Anda beli dari toko bebas pajak (duty free) di dalam bandara juga bisa Anda bawa, tentunya dengan jumlah yang ditentukan.

 

Siapkan Tanda Pengenal

Taruh tanda pengenal Anda di tempat yang mudah diambil, dan jagalah sebaik mungkin agar tidak hilang. Pastikan juga paspor Anda memiliki masa berlaku di atas enam bulan jika Anda ingin melakukan penerbangan internasional.

Banyak negara yang akan menolak kehadiran Anda jika masa berlaku paspor di bawah enam bulan. Pegang tiket dan tanda pengenal resmi Anda di antrean pintu masuk untuk mempercepat proses pemeriksaan.

 

Perhatikan Aksesoris Anda

Beberapa aksesoris seperti jam tangan, ikat pinggang, dan jaket perlu dilepas saat pemeriksaan di bandara. Beberapa negara seperti Singapura bahkan mengharuskan Anda untuk ikut melepas sepatu untuk diperiksa pada mesin x-ray. Menggunakan aksesoris tersebut tentu akan memperlambat proses pemeriksaan di bandara. Pastikan Anda siap melepas semuanya sebelum antrian untuk mempercepat proses pemeriksaan.

 

Hindari Sandal

Yup, hindari menggunakan sandal dan sepatu sandal, terutama untuk penerbangan internasional. Di beberapa bandara seperti China, Anda bahkan akan diserbu dengan beribu pertanyaan oleh pihak keamanan jika memakai sandal. Hal ini jelas akan memperlambat waktu pemeriksaan.

 

Perhatian Alat Elektronik Anda

Membawa powerbank berukuran lebih dari 10000 mAh dipastikan akan mencuri perhatian dari pihak keamanan bandara. Tak hanya itu, pastikan juga benda elektronik Anda yang cukup besar seperti kamera dan laptop dipisahkan untuk diperiksa oleh pihak keamanan.

 

Siapkan Waktu Lebih

Beberapa bandara besar internasional akan membuat Anda berlari-lari untuk mengejar waktu penerbangan ketika transit. Maka dari itu, pastikan waktu transit Anda cukup lama ketika membeli tiket. Tak hanya itu, terkadang jarak antara gerbang keberangkatan juga terletak jauh dari tempat pemeriksaan, lho. Jangan sampai Anda ketinggalan pesawat hanya karena ingin mengirit biaya, ya.

 

Berhenti Bercanda

.. yang berlebih. Bercanda boleh saja, namun jangan pernah bercanda soal topik bom. Di tahun 2013, calon penumpang di Miami International Airport ditangkap karena bermain-main soal hal ini. Bahkan bandara seperti Ngurah Rai International Airport dan LaGardia Airport menganggap serius mengenai topik tersebut. Dibanding gagal liburan, lebih baik bercanda soal hal lain saja, kan?

 

(Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Outnow.ch)

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

bandara 
To Top