Automotive

Adu Sakti Mobil Swakemudi

Adu Sakti Mobil Swakemudi

Navya menguji coba mobil otonom untuk mengangkut penumpang. / © Ist

Uzone.id—Perusahaan-perusahaan otomotif dan teknologi dunia terus berupaya menyempurnakan mobil otonom, autonomous vehicle atau mobil yang dapat mengendarai sendiri, bahkan mengangkut penumpang kendati tanpa pengemudi.

Belum lama ini, Navya menguji coba kendaraan otonom untuk mengangkut penumpang,  dan disebut-sebut sebagai mobil antar jemput tanpa supir yang pertama di dunia. Bertenaga listrik, mobil otonom ini dibiarkan sendiri melintasi lalu lintas jalan raya.

Selain Navya, Google juga telah menghadirkan sistem swakemudi terbarunya di minivan Chrysler Pacifica. Teknologi itu diklaim lebih andal dan terjangkau.

Tak mau ketinggalan, raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung terjun pula membuat mobil swakemudi. Situs Departemen Kendaraan Bermotor California mengidentifikasi Samsung tercantum dalam daftar puluhan perusahaan yang mendapatkan lampu hijau untuk menguji mobil swakemudinya, demikian dilansir kantor berita AFP. Turut masuk ke dalam daftar itu adalah produsen mobil otonom berbasis perusahaan teknologi dan listrik lainnya seperti Apple, Baidu, dan Tesla.

Tahun lalu, Samsung telah mengumumkan kesepakatan untuk membeli produsen suku cadang mobil Amerika Serikat, Harman International Industries senilai delapan miliar dolar AS atau sekitar Rp106,6 triliun untuk memasuki pasar teknologi otomotif.

Samsung menggambarkan kesepakatan tersebut sebagai kesempatan untuk membangun fondasi yang kuat dalam teknologi mobil swakemudi yang diperkirakan akan meroket beberapa tahun mendatang.

Sementara itu, Delphi Automotive Plc dan Mobileye NV menyatakan, mereka berkolaborasi, bekerja sama dalam menciptakan sistem swakemudi yang bisa mulai diproduksi dan dijual kepada konsumen pada awal tahun 2019.

Kantor Berita Reuters menyebutkan, raksasa otomotif Ford Motor Co, General Motors Co, dan BMW AG juga berencana memperkenalkan mobil-mobil swakemudi pada 2021.

 

 

 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top