Music

Barang Peninggalan John Lennon yang Hilang Ditemukan

Barang Peninggalan John Lennon yang Hilang Ditemukan

Kepolisian Jerman berhasil menemukan kembali lebih dari 100 barang peninggalan John Lenon yang dicuri oleh orang tak bertanggung jawab. Peninggalan-peninggalan John Lennon tersebut dicuri dari Yoko Ono pada 2006 lalu di New York.

Barang-barang milik John Lennon yang berhasil ditemukan polisi meliputi buku harian, rekaman konser The Beatles hingga dua buah kacamata. Di antara barang-barang tersbut, ada pula kertas musik dan tempat rokok.

Pihak kepolisian pertama kali mengendus keberadaan barang-barang peninggalan John Lennon ini melalui sebuah rumah lelang di Berlin pada Juli lalu. Sebagian besar barang-barang peninggalan John Lennon yang diamankan polisi merupakan hasil sitaan dari rumah lelang tersebut. Temuan ini yang kemudian mendorong pihak kepolisian untuk menelusuri lebih jauh keberadaan barang-barang peninggalan John Lennon yang lain.

Selain menemukan lebih dari 100 barang peninggalan John Lennon, polisi juga meringkus seorang pria berusia 58 tahun. Pria ini dicurigai merupakan seorang penadah yang memperjual-belikan barang-barang curian. Pria ini ditahan di Berlin setelah polisi melakukan penelusuran terhadap rumah dan mobil milik pria tersebut.

Juru Bicara Kantor Kejaksaan Berlin Martin Steltner mengatakan pria tersebut bukan satu-satunya tersangka dalam pencurian barang-barang peninggalan John Lennon. Diperkirakan ada satu tersangka lain yang saat ini tinggal di Turki. Tersangka kedua ini sebelumnya pernah bekerja sebagai sopir Yoko Ono.

"(Tersangka ini) belum terjangkau oleh kami saat ini," ujar Steltner seperti dilansir BBC.

Yoko Ono telah mengidentifikasi berbagai barang-barang peninggalan John Lenon yang ditemukan kepolisian Jerman melalui foto. Foto-foto tersebut diperlihatkan kepada Yoko Ono di Konsulat Jerman yang berada di New York. Steltner belum bisa memastikan kapan barang-barang peninggalan John Lennon ini bisa dikembalikan kepada Yoko Ono.

Barang-barang peninggalan John Lennon memang menggiurkan bagi sebagian orang. Betapa tidak, barang-barang memorabilia terkait The Beatles bisa meraih harga tawar yang sangat tinggi dalam pelelangan.

Pada Februari lalu contohnya, jaket kulit yang diyakini pernah digunakan John Lennon berhasil terjual dengan harga 10.400 euro atau sekitar Rp 165 juta dalam pelelangan. Sebuah lembar musik tulisan tangan yang ditandatangani oleh Paul McCartney juga rencananya akan dijual dengan perkiraan harga 20 ribu euro atau sekitar Rp 317 juta.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top