Music

Big 80s 90s Forever Young, Kejayaan Musik Indonesia

Big 80s 90s Forever Young, Kejayaan Musik Indonesia

Uzone.id—Musik era 80’an dan 90’an adalah ektase kejayaan musik Indonesia, masa di mana sebuah kaldera ruang dan waktu sanggup mempertemukan berbagai genre dan bermulanya keterlibatan teknologi massive dalam musik. Rock, Fussion, Pop Melankolis, dan berbagai genre hidup bersama.

“Sebuah era kejayaan musik Indonesia yang mampu menyulap pengusaha kecil menjadi pemilik perusahaan rekaman besar dan bertahan di sana. Atau malah membangkrutkan pengusaha besar karepe dewe, yang kelewat jumawa menganggap enteng rimbanya musik,” kata Board of Director Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards, Seno M. Hardjo kepada Uzone.id

Menurut Seno era 80’an dan 90’an ditandai dengan keberadaan Elfa’s Singers arahan Alm. Elfa Secioria yang begitu berwibawa karena memenangkan berbagai ajang festival di mancanegara Fariz RM dan Dian Pramana Poetra bahkan memiliki beberapa group.

“Saya sempat membentuk Symphony Band, Jakarta Rhythm Section, dan Wow!” ujar Fariz Roestam Munaf. Sementara Dian Pramana Poetra memiliki Bourest Vokal Group, 2 D (Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun dan K3S atau kelompok Tiga Suara, bersama Deddy Dhukun dan Bagoes AA, Fariz RM, dan Dian Pramana Poetra malah pernah membentuk 7 bintang yang terdiri dari Mus Mujiono, Jopie Latul, Malyda Sudrajat, Atiek CB, dan Trie Utami. Seru sekali masa itu !

Masa indah era 90’an ditandai dengan munculnya KLa Project, Slank, Kahitna, Java Jive, KSP Band, hingga solois seperti Kris Dayanti dan lain-lain. “Waktu itu, karena usianya engga beda jauh, musisi 90’an sering saling bantu dalam proses rekaman yang dilakukan musisi 80’an,” kata gitraris KLa Project, Lilo.

Jika dirunut Kahitna adalah garis keturunan Elfa Secioria. Yovie malah punya strategi khusus untuk mengaktualisasi karir bermusiknya. “Sebenarnya engga cuma misi tersebut Yovie & Nuno saya bentuk. Tapi lebih memberikan ruang Rock ketika saya menginginkannya,” kata komposer, presenter, dan arranger yang awet muda tersebut. 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top