Automotive

Buat Pemudik, Lakukan Ini Jika Mesin Mobil "Overheat"

Buat Pemudik, Lakukan Ini Jika Mesin Mobil

Kondisi jalan selama arus mudik Lebaran sudah pasti padat, dan macet. Sebab, volume kendaraan, khususnya roda empat meningkat dari biasanya.

Salah satu yang dikhawatirkan, yaitu mesin mobil mengalami overheat. Apalagi kondisi cuaca di luar cukup panas, ditambah jalanan macet, dan mesin terus bekerja tanpa ada udara segar dari luar.

Bahkan, menurut pengakuan Riecky Patrayudha, Assistan to Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), berdasarkan laporan mudik tahun lalu, tidak sedikit pemudik yang mobilnya mengalami overheat.

"Jangan panik kalau mengalami masalah itu. Berarti itu ada masalah pada mesin mobilnya," kata Riecky saat berbincang dengan Otomania.com akhir pekan lalu di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Berita Terkait:

Riecky menjelaskan, langkah yang harus dilakukan pengemudi, yaitu berhenti di tempat aman kemudian matikan mesin dan tunggu kurang lebih 15 sampai 20 menit. Jangan langsung membuka tutup air radiator karena masih panas.

Usai itu, pastikan keadaan air radiator sudah terisi lagi jika memang kosong. kembali nyalakan mesin dan lihat apakah indikator temperatur sudah normal atau belum.

"Kalau sudah normal bisa melanjutkan perjalanan, tetapi jika sudah menemukan posko atau bengkel minta dicek ulang. Minta bantuan mekanik agar bisa melanjutkan perjalanan lagi," ujar dia.




Copyright Kompas.com
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top