Sport

Buffon Menuju Rekor Penampilan Terbanyak Eropa

Buffon Menuju Rekor Penampilan Terbanyak Eropa

Dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Italia akan menghadapi Albania pada Jumat (24/3/2017) di Renzo Barbera, Palermo. Empat hari kemudian, Gli Azzurri bertemu Belanda di Amsterdam dalam pertandingan uji coba.

Kini sudah berusia 39 tahun, kiper Gianluigi Buffon masih menjadi salah satu pemain terpenting Squadra Nazionale.

Penjaga gawang Juventus yang juga berstatus kapten timnas Italia itu tampaknya akan turun bermain minimal di salah satu dari laga kontra Albania dan Belanda.

Apabila hal itu terjadi, Buffon akan membuat sebuah pencapaian bersejarah. Mentas sekali saja, penjaga gawang bertinggi badan 191 cm itu akan mengumpulkan 168 penampilan buat Italia.

Angka 168 cap akan membuat Buffon menjadi pemain dengan koleksi penampilan terbanyak buat negaranya di antara timnas-timnas Eropa.

 

Aksi Gianluigi Buffon kala membela timnas Italia menghadapi Jerman dalam laga uji coba di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, 15 November 2016.
Aksi Gianluigi Buffon kala membela timnas Italia menghadapi Jerman dalam laga uji coba di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, 15 November 2016. (CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES)

 

Saat ini dengan jumlah 167 penampilan, Buffon sebetulnya sudah memuncaki daftar kolektor cap terbanyak timnas Eropa.

Tapi, dia membagi posisi itu dengan dua pemain lain. Mereka adalah Vitalijs Astafjevs (Latvia) dan Iker Casillas (Spanyol). Astafjevs sudah pensiun pada 2010, jadi tak bisa lagi menambah jumlah penampilannya buat negara.

Casillas sama saja. Eks kiper Real Madrid itu belum pensiun, tapi dia terakhir kali dipanggil Spanyol untuk Piala Eropa 2016.

Itu pun Casillas tak pernah bermain karena posisi kiper utama La Furia Roja sudah diambil David de Gea. Spanyol bulan ini akan bertamu Israel di Kualifikasi Piala Dunia 2018 (24/3/2017) dan Prancis dalam uji coba (28/3/2017).

Nama Casillas sekali lagi tidak ada dalam daftar pemain pilihan Julen Lopetegui. Tiga kipernya adalah De Gea, Pepe Reina, dan Sergio Rico.

Baca Juga:

Casillas juga tidak bisa menambah jumlah cap-nya. Artinya, Buffon pun memiliki kans untuk sendirian memuncaki daftar elite tersebut. Karena masih terus diandalkan Italia, Buffon pun boleh jadi bakal terus menajamkan rekor.

Saat ini pemain yang masih aktif bermain untuk timnas dan berada paling dekat dengan Buffon paling hanya Sergio Ramos (Spanyol) dan Cristiano Ronaldo (Portugal).

Tapi, koleksi cap mereka terpaut jauh dari Buffon. Ramos di angka 140 sedangkan Ronaldo 136. Buffon akan segera merajai daftar Eropa, tapi untuk tingkat dunia, dia kini hanya berada di posisi keenam.

Di atasnya ada Ahmed Hassan (Mesir/184 caps), Hossam Hassan (Mesir/178), Claudio Suarez (Meksiko/177), Mohamed Al- Deayea (Arab Saudi/172), dan Ivan Hurtado (Ekuador/168).

Namun, semua pemain itu sudah pensiun dari timnas. Jadi, tetap terbuka peluang Buffon untuk juga menjadi yang terbaik di dunia.

© Juara
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top