Automotive

Cara Aman Naik Motor saat Hujan

Cara Aman Naik Motor saat Hujan

Lebih berhati-hati mengendarai motor saat hujan. / © Ist

Uzone.idCuaca akhir-akhir ini sering hujan. Untuk itu, kita perlu berhati-hati, terutama ketika berkendara motor. Ini supaya motor tidak mudah tergelincir apalagi terjatuh karena licinnya jalan. Perlu cara aman dalam mengendarainya.

Motor itu sebenarnya barang yang tidak stabil atau seimbang. Maklumlah namanya juga roda dua. Agar selalu dalam kondisi seimbang, kita perlu memerhatikan sejumlah faktor yakni kecepatan, konsentrasi di perjalanan, dan situasi berkendara. Kecepatan, ya jangan ngebut. Kalau terlalu cepat, bahaya my Bro ! Karena pastinya bakal kesulitan handling dan mengerem. Akibatnya nanti bisa sliding, berhentinya malah di selokan, nabrak trotoar, atau mencelakakan orang lain. Asli, engga enak kan.

Motor tambah tidak stabil dalam kondisi jalanan licin. Oleh sebab itu, pergerakan motor harus bertahap saat berbelok atau manuver ke kiri dan ke kanan. "Saat bermanuver atau berbelok konsentrasikan atau fokus pandangan pada arah jalan, sehingga kendaraan akan mengikuti arah kita dan memudahkan handling bila terjadi sesuatu halang rintang," kata Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada Uzone.id.

Jika salah bermanuver, pijakan atau sudut ban ke permukaan jalan menipis, semakin bermasalah kalo ada genangan air, karena membuat daya cengkeram ban menurun drastis.

Bahayanya, kita bisa hilang kendali dan jatuh dari motor. Beneran engga asyik. Karena itu, sebaiknya menurunkan kecepatan kendaraan saat hujan dan semakin lebih berhati-hati. "Senantiasa mengutamakan keselamatan berkendara," pesan Jusri. 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top