Games

Cara Developer Game Peroleh Penghasilan

Cara Developer Game Peroleh Penghasilan

Trending Video From Indonesia

Mungkin kamu pernah mendengar kisah sukses developer game indie memperoleh penghasilan miliaran rupiah, atau bagaimana industri game mobile global telah mencapai angka ratusan triliun pada 2016 lalu. Namun, apa kamu mengetahui bagaimana cara para developer game dapat meraup penghasilan dan keuntungan lewat karya-karyanya?

Bila kamu penasaran, Tech in Asia Indonesia punya sedikit bocoran tentang bagaimana para developer game mendapatkan uang. Cara yang mereka tempuh bisa sangat kreatif lo!

Menjual produk

Cara paling kentara bagi developer untuk memperoleh pemasukan adalah dengan menjual produk utama mereka, yang tak lain adalah game buatannya. Tentu saja kamu harus membayar harga tertentu agar bisa memainkannya. Ini adalah sumber penghasilan yang telah ada sejak dahulu kala.

Selain merilis game, developer juga biasanya melakukan proyek lepas untuk pihak lain, atau menjual pernak-pernik karakter dari game buatan mereka. Setiap sumber penghasilan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta mungkin tidak akan cocok bagi kebanyakan studio game yang baru berdiri.

Ingin tahu lebih lanjut apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Simak selengkapnya lewat video di bawah.

Menjual layanan

Dengan semakin maraknya game gratis yang beredar akhir-akhir ini, terutama di platform mobile seperti Android dan iOS, apakah para developernya tetap dapat meraup uang? Tentu saja!

Selain berjualan karya dan tenaga—alias menjual produk—para developer pada saat ini kian kreatif dengan menjadikan game buatannya menjadi sebuah layanan. Game yang didesain sebagai layanan biasanya dapat kamu akses secara gratis, dan developer mengandalkan penghasilan dengan menawarkan in-app purchase (IAP) atau menampilkan iklan di dalam game.

IAP yang ditawarkan biasanya bersifat opsional. Tanpa membelinya, kamu tetap bisa memainkan game tanpa masalah berarti. Tapi menyediakan IAP saja tak cukup, karena developer perlu memikirkan sejumlah pertimbangan sebelum menawarkannya ke para pemain hingga mendapatkan keuntungan.

Dengan menampilkan iklan, developer memperoleh komisi karena telah menyediakan ruang promosi untuk pihak ketiga agar dapat menjangkau para konsumen. Tentu saja, agar penghasilan dari iklan dapat dirasakan developer, terdapat beberapa persyaratan tertentu yang perlu dipenuhi oleh mereka.

Penasaran untuk tahu lebih detail bagaimana para developer memperoleh uang dari game gratis? Kamu bisa menyimak selengkapnya lewat video berikut.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Cara Developer Game Memperoleh Penghasilan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top