Demi Sejuta Turis, Arab Saudi Sampai Percantik Dua Situs Ini

4 Month's ago By
Demi Sejuta Turis, Arab Saudi Sampai Percantik Dua Situs Ini

Arab Saudi benar-benar menunjukan tekadnya untuk melepas ketergantungan dari minyak bumi. Sejak tahun lalu, negara kerajaan ini mulai mengembangkan rencana diversifikasi pendapatan negara saah satunya lewat pariwisata. 

Dilansir dari Arabian Business, Senin 7 Agustus 2017, Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz, membentuk komisi renovasi dua situs bersejarah utama di Arab Saudi, Al-Ola dan Diriyah Gate.

Dua area ini diyakini bisa menyedot minat turis domestik dan turis asing untuk berkunjung. Al Ola dan Diriyah Gate punya magnet di bidang aspek sejarah, arsitektur, dan budaya.

Komisi ini sejalan dengan Rencana Visi Kerajaan 2030. Salah satu isi rencana ini adalah menarik satu juta turis per tahun. Caranya dengan memberikan ruang untuk infrastruktur untuk menumbuhkan industri wisata.

Kota Al Ola ini awalnya didirikan pada abad ke-6. Di sana, ada situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Mada’in Saleh yang dibangun 2 ribu tahun yang lalu oleh Kerjaan Nabatean. Kerajaan ini yang mengukir situs Petra di Yordania.

Madain Saleh

Mada'in Saleh (Foto: Arabian Business)

Diriyah Gate juga merupakan situs Warisan Dunmia UNESCO di distrik Turaif. Renovasi di dunia tempat ini akan meningkatkan nilai tambah dan menonjolkan warisan Arab Saudi. Fasilitas untuk turis pun dibangun di area masuk untuk menarik minat pelancong.

Tempat bersejarah ini berada di kota kecil di Diriyah yang jaraknya 20 km dari Riyadh. Dikabarkan kota ini merupakan pusat pemerintahan pertama di Dinasti Kerajaan Saudi pada pertengahan 1700-1800 awal. Banyak arsitektur dari Najdi yang ditemukan pada abad itu.

Diriyah Gate

Seorang wanita memfoto Diriyah Gate. (Foto: Pinterest)

Komisi renovasi dua situs bersejarah ini akan dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Tak disebutkan dana yang diperlukan untuk merenovasi dua situs bersejarah ini.(Sah)

0 Comments in this article
Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top