Travel

Garuda Indonesia Terbang Perdana Jakarta-Banyuwangi

Garuda Indonesia Terbang Perdana Jakarta-Banyuwangi

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia secara resmi membuka penerbangan rute Jakarta ke Banyuwangi pada hari Jumat (8/9). Hal ini sebagai upaya dari Garuda untuk memperluas jaringan penerbangan di domestik serta mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke wilayah timur pulau Jawa.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury mengatakan rute penerbangan ini dibuka karena adanya peningkatan jumlah wisata yang cukup signifikan ke Banyuwangi sebagai kota destinasi baru untuk berlibur. 

Pada tahun 2016, jumlah turis mancanegara yang berkunjung ke Banyuwangi mencapai 60 ribu orang sedangkan jumlah wisatawan nusantara mencapai hingga 2 juta orang.

"Peningkatan jumlah wisatawan ke Banyuwangi tentu perlu didukung penerbangan langsung dari Jakarta," ujar Pahala di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Jumat (8/9).

 

Rute penerbangan baru ini, kata Pahala, juga tentu akan meningkatkan konektivitas Banyuwangi serta wilayah di sekitarnya dengan kota-kota lain, baik di dalam maupun luar negeri. 

"Ini sekaligus meningkatkan kontribusi Garuda terhadap peningkatan wisata dan pertumbuhan ekonomi Banyuwangi dan sekitarnya sebagai pusat ekonomi baru," kata Pahala.

Penerbangan Jakarta-Banyuwangi pulang-pergi (PP) akan dilayani sebanyak lima kali dalam sepekan yaitu pada hari Senin, Selasa, Rabu, Jum’at dan Sabtu menggunakan pesawat jenis Bombardier CRJ 1000 NextGen yang berkapasitas 96 penumpang kelas ekonomi.

Penerbangan dari Jakarta menuju Banyuwangi dilayani menggunakan GA 264, berangkat dari Bandar Udara Soekarno-Hatta pukul 14.15 WIB, dan tiba di Bandara Udara Blimbingsari, Banyuwangi pukul 15.55 WIB. 

Kemudian penerbangan dari Banyuwangi menuju Jakarta menggunakan GA 265 berangkat dari Banyuwangi pukul 17.00 WIB, dan tiba di Jakarta pada pukul 18.40 WIB.

Dibukanya rute penerbangan Garuda rute Jakarta-Banyuwangi juga sejalan dengan program pengembangan bandara-bandara kecil yang dilaksanakan oleh Pemerintah. 

Pahala memberikan apresiasi kepada Kementrian Perhubungan dan Kementrian Pariwisata karena telah memfasilitasi dan mendukung terlaksananya penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi tersebut. 

Penerbangan perdana rute baru itu diresmikan secara bersama-sama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya, Direktur Bandar Udara Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Yudi Sari Sitompul, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso dan perwakilan dari pemerintah kota Banyuwangi.

Sebelumnya pada bulan Juli 2017 lalu, Garuda Indonesia juga telah melayani penerbangan baru ke beberapa kota di wilayah Indonesia Timur, diantaranya Makassar-Raha PP di Kabupaten Muna, Sulawesi Selatan, dan Kendari - Bau Bau PP di Sulawesi Tenggara.

Dua rute penerbangan tersebut menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 yang berkapasitas 70 penumpang kelas ekonomi.

 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top