Film

Hanung Bramantyo Tonjolkan Kartini Sebagai Pahlawan Pendidikan

Hanung Bramantyo Tonjolkan Kartini Sebagai Pahlawan Pendidikan

Menyambut Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, sebuah film berjudul sama arahan sutradara Hanung Bramantyo akan dirilis menjelang peringatan perempuan yang dikenal sebagai pahlawan yang berjasa mengangkat derajat kaum perempuan itu.

Namun, di film ini Hanung tidak menonjolkan soal emansipasi perempuan. Hanung Bramantyo menceritakan Kartini (Dian Sastrowardoyo) membidik pendidikan sebagai sudut cerita yang kuat.

"Ada dua buku yang saya baca, buku karya Siti Sumandari dan buku pak Pram (Pramoedya Ananta Toer) Panggil Aku Kartini Saja. Itu membuat saya akhirnya membidik angle pendidikan," ujar Hanung saat penayangan perdana film Kartini di Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).

Suami dari Zaskia Adya Mecca itu menambahkan,"Buku pak Pram itu membuat saya tersadar bahwa itu adalah angle yang paling relevan untuk diangkat di sini."

Sebenarnya, banyak angle yang bisa digali dan menarik, namun Hanung sengaja memilih pendidikan sebagai tema besar. Hanung membaca dari riset dan mendapatkan fakta bahwa ternyata halangan terbesar Kartini untuk sekolah dan mencerdaskan orang-orang tidak mampu adalah keluarganya sendiri.

"Terbitan Orde Baru, dalam tulisan dan surat yang ditulis Kartini justru bapaknya, ibunya dan orang-orang terdekat yang jadi obstacle dia untuk dapat sekolah. Mau dapat beasiswa Belanda saja susahnya minta ampun," ujar Hanung.

Robert Ronny, selaku produser film Kartini, membenarkan poin Hanung tadi. Kata Ronny, sisi Kartini sebagai pahlawan pendidikan kurang diekspos, "Kebanyakan cuma menjelaskan soal emansipasi saja. Saya ingin orang-orang lebih kenal Kartini enggak cuma sejarahnya saja."

Sederet aktor dan aktris papan atas membintangi film ini, yakni Acha Septriasa (Roekmini), Ayushita (Kardinah), Adinia Wirasti (Soelastri), Christine Hakim (Ngasirah), Deddy Sutomo (Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat), Djenar Maesa Ayu (Moeryam), Reza Rahadian (Sosrokartono) dan Dwi Sasono (Raden Adipati Joyodiningrat).

Film Kartini mulai resmi tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 19 April 2017.

 

Berita Terkait:

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top