Technology

Dibanding Jual Galaxy S8, iPhone X Lebih Untungkan Samsung

Dibanding Jual Galaxy S8, iPhone X Lebih Untungkan Samsung

Samsung dikabarkan bakal menuai keuntungan yang sangat besar dari penjualan iPhone X. Laporan yang dirilis Wall Street Journal mengungkap keuntungan tersebut diperkirakan akan melampaui sumbangan penjualan Galaxy S8 yang diproduksi sendiri.

Laporan tersebut menyebutkan untuk setiap iPhone X yang terjual nanti, Samsung akan memanen US$110 atau hampir Rp1,5 juta per unit. Dengan perkiraan keuntungan per unit sebesar itu, Samsung bakal menerima lebih dari US$4 miliar hanya dari iPhone X.

Hal ini tak lepas dari ketergantungan Apple dalam memproduksi ponsel barunya itu. Seperti diketahui, layar OLED yang jadi mahkota di iPhone X adalah buatan Samsung. Bersama komponen NAND flash dan cip DRAM, layar OLED di iPhone X justru jadi sumber pendapatan yang begitu besar bagi sang rival Apple itu.

Untung yang dipanen ini masuk ke kantong anak perusahaan Samsung yang memproduksi komponen elektronik. Dan ketika dibandingkan dengan pendapatan yang mereka peroleh dari pembuatan komponen ke Galaxy S8, ironisnya mereka malah lebih untung dari Apple.

Apple sementara ini terpaksa harus gigit jari melihat kenyataan tersebut. Pasalnya saat ini hanya Samsung yang punya kapasitas dan teknologi yang mumpuni untuk memproduksi komponen yang dibutuhkan Apple di iPhone X, terutama layar OLED.

Diperkirakan jumlah keuntungan tadi menyumbang hingga 35 persen total pendapatan unit bisnis manufaktur Samsung.

Dengan kapasitasnya saat ini, Samsung merajai pasar layar OLED dan beberapa komponen lainnya. Bahkan untuk layar OLED, mereka menguasai 90 persen pangsa pasar dunia.

Namun Apple tak tinggal diam. Sebelumnya mereka dikabarkan telah menggelontorkan dana hingga US$2,4 miliar kepada LG. Apple ingin mereka punya opsi untuk mengakses layar OLED sesuai kebutuhan sekaligus melepas ketergantungan terhadap sang mitra sekaligus rival, Samsung.

Berita Terkait

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

iPhone X 
To Top