Health

Jangan Cuci Vagina Saat Hamil

Jangan Cuci Vagina Saat Hamil

Sejak diketahui bahwa cuci vagina (douche) dapat mengubah pH dan komposisi flora normal pada vagina, dokter kini tidak merekomendasikan hal ini.

Penelitian membuktikan bahwa wanita yang rutin mencuci vagina memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami iritasi vagina dan infeksi dibandingkan yang tidak. Hal ini sudah disahkan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

Cuci vagina merupakan tindakan membilas dengan menyemprotkan cairan steril (antiseptik) atau air ke dalam rongga vagina untuk membilas keluar cairan keputihan. Selain untuk membersihkan, cairan cuci vagina biasanya berfungsi sebagai penghilang bau yang kurang sedap.  

Wanita hamil biasanya lebih sering melakukan tindakan ini, karena merasa tidak nyaman dengan banyaknya keputihan yang timbul. Sebenarnya, kadar keputihan yang meningkat saat hamil merupakan kondisi yang normal.

Namun, jika keputihan telah berubah warna, berbau, atau dibarengi dengan gejala tertentu, bisa jadi Anda mengalami infeksi. Hamil ataupun tidak, mencuci vagina tidak lagi disarankan.

Lewat penelitian, seperti yang telah disinggung di atas, diketahui bahwa aktivitas ini dapat membuat flora normal vagina menghilang. Akibatnya, bakteri jahat dapat dengan mudah menginfeksi vagina.

Perlu diketahui juga bahwa vagina memiliki proteksi alami dengan produksi lendirnya. Ketika melakukan intervensi seperti cuci vagina, Anda justru akan merusak keadaan ini.

Anda hanya disarankan mencuci vagina dengan air hangat atau sabun biasa (bukan sabun antibakterial atau sabun yang mengandung parfum). Bahaya yang ditimbulkan jika terjadi infeksi saat kehamilan adalah kelahiran prematur, infeksi pada bayi, dan masalah saat proses persalinan.

Jika saat ini Anda merasa mengalami keputihan yang abnormal, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Ingat, cuci vagina tidak akan memperbaiki keluhan Anda. Semoga membantu.

[RS/RH]

Baca Juga:

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

cuci vagina hamil 
To Top