Technology

Keseringan Pakai GPS Turunkan Kemampuan Otak

Keseringan Pakai GPS Turunkan Kemampuan Otak

Pengen menjenguk teman yang sakit tapi nggak tahu alamat rumah dia bukan lagi jadi perkara sulit. Soalnya, di zaman serba online ini, alamat lengkap sudah cukup banget buat jadi modal awal. Mau ke sana lewat jalan yang mana, tinggal percayakan aja sama GPS kesayangan yang setia membimbing kamu. Selain diantar sampai rumah, GPS juga milih jalan paling cepat sampai tujuan.

Karena manfaatnya keren banget, kamu jadi tergantung banget sama GPS setiap mau bepergian. Walau membuat kamu nggak kesasar, tapi keseringan pakai GPS malah menurunkan kemampuan otak kamu, loh. Seperti hasil penelitian University College London, Inggris, GPS bisa ‘mematikan’ bagian otak yang biasa digunakan untuk mengambil keputusan. Kesimpulan ini diambil setelah para peneliti melihat aktivitas otak beberapa orang yang keseringan pakai GPS waktu mengemudi.

Jadi, mereka yang mengemudi tanpa GPS, mengalami lonjakan aktivitas pada hippocampus atau bagian otak yang mengatur memori dan navigasi dan prefrontal cortex atau bagian otak yang mengatur rencana dan mengambil keputusan. Tapi, mereka yang mengemudi pakai GPS nggak memperlihatkan aktivitas otak apapun. Kalau keseringan pakai GPS, bisa kamu bayangkan otak yang super hebat itu jadi jarang digunakan.

Jadi, kalau nggak mau berakhir kayak gitu, jangan terlalu sering pakai GPS, ya. Soalnya, bingung sedikit dan akhirnya membuat kamu berpikir malah bagus untuk melatih kemampuan otak. (mns)

 

Artikel Terkait:

Posting Keseringan Pakai GPS Turunkan Kemampuan Otak ditampilkan lebih awal di gregetan.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

GPS Kemampuan Otak 
To Top