Health

Kulit Bayi Mengelupas di Minggu Pertamanya, Apakah Berbahaya?

Kulit Bayi Mengelupas di Minggu Pertamanya, Apakah Berbahaya?

Setiap orangtua pasti sangat senang ketika mereka memiliki bayi yang baru lahir. Tentu saja, semua kasih sayang akan dicurahkan padanya, orangtua juga senantiasa untuk menjaga sang bayi. Ketika bayi mengalami sakit atau perubahan fisik tertentu saja, pasti banyak orangtua yang merasa cemas. Salah satu yan sering dicemaskan adalah kulit bayi mengelupas. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kulit bayi mengelupas? Apakah hal ini berbahaya? Apa yang harus orangtua lakukan?

Apa penyebab kulit bayi mengelupas?

Sebenarnya, ketika Anda melihat kulit mengelupas pada bayi yang baru lahir, Anda tak perlu cemas. Pasalnya, hal ini wajar terjadi pada setiap bayi yang baru lahir. Mengelupasnya kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, masing-masing bayi akan berbeda. Dari tangan, telapak kaki, hingga pergelangan kaki, bisa terkelupas kulitnya.

Kulit bayi yang baru lahir memang sensitif dan rentan mengalami gangguan atau bermasalah bila ada pemicunya. Namun, bukan hal ini yang menyebabkan kulit bayi mengelupas di minggu pertamanya. Kondisi ini disebabkan karena lapisan kulit terluar bayi yang berfungsi sebagai lapisan pelindung di dalam kandungan mulai terkelupas.

Ya, lapisan kulit ini disebut dengan vernix. Jadi, ketika masih di dalam kandungan, bayi kan dilapisi dengan lapisan yang berguna melindungi kulit bayi di dalam air ketuban. Pada saat lahir, lapisan ini memang akan hilang tapi tak semuanya. Sisanya akan lepas dengan sendirinya seiring berjalannya waktu setelah sang bayi lahir. Maka dari itu, selama sekitar 1 bulan kulit bayi mengelupas

Lalu, apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi kulit bayi mengelupas?

Meskipun kulit bayi mengelupas ini adalah hal yang normal, sebaiknya Anda tetap memberikan perawatan kulit yang lebih pada sang bayi. Hal ini untuk mencegah kulit bagian lain yang sehat, ikut mengelupas. Berikut tips untuk mencegah kulit bayi kering dan kemudian semakin banyak yang mengelupas:

  • Pastikan bayi tidak mandi kelamaan. Jika Anda biasa memandikan si kecil selama 20 menit, maka sekarang kurangi durasinya hanya 5-10 menit saja. semakin lama Anda memandikan si kecil, maka semakin kering kulitnya.
  • Menggunakan pelembap. Tidak ada salahnya menjaga kelembapan kulit si kecil dengan pelembap khusus bayi. Dalam memilih produk pelembap, sebaiknya bicarakan juga pada dokter anak Anda.
  • Hati-hati dengan penggunaan detergen ketika mencuci baju bayi. Baju yang ia pakai sehari-hari, bisa jadi membuat kulit iritasi dan kering jika detergen yang Anda gunakan aman. Pastikan kalau produk dertergen yang Anda gunakan tersebut aman.

Sebenarnya, tak semua kulit bayi mengelupas itu normal, terkadang hal ini memang disebabkan oleh masalah kesehatan, seperti eksim atau bahkan alergi. Namun, biasanya gangguan kulit tersebut disertai dengan gejala kulit lain seperti kulit memerah. Bila hal ini terjadi, maka segera bawa bayi Anda ke dokter untuk diperiksakan lebih lanjut.

The post Kulit Bayi Mengelupas di Minggu Pertamanya, Apakah Berbahaya? appeared first on Hello Sehat.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

bayi 
To Top