Film

Lima Film tentang Drama Politik seperti Setya Novanto

Lima Film tentang Drama Politik seperti Setya Novanto

Perburuan terhadap Setya Novanto menjadi perhatian utama masyarakat belakangan ini.

Kisah Setnov menjadi tontonan masyarakat. Layaknya sebuah film, masyarakat dibuat penasaran dengan skenario lanjutan perburuan Setnov. Sampai-sampai, beberapa netizen ‘menyarankan’ agar kisah Setnov betul-betul dibuat diwujudkan ke layar lebar.

Di Hollywood, skandal politik sudah sering menjadi inspirasi sineas membuat film. CNNIndonesia.com merangkum lima film yang diangkat dari drama politisi di dunia nyata.


1. All the President's Men (1976)

Film ini berkisah tentang investigasi dua jurnalis dari Washington Post, Carl Bernstein dan Bob Woodward. Dua jurnalis itu membongkar skandal Watergate, kasus penyadapan salah satu partai politik di AS saat kampanye pemilihan presiden.

Terbongkarnya kasus itu membuat Presiden Nixon yang terpilih ketika itu mengundurkan diri karena dia merupakan dalang di balik skandal Watergate.

Film tentang skandal ini juga dibuat kembali pada tahun 2017. Hanya saja, kali ini menggunakan sudut pandang dari pembocor skandal Watergate dari FBI, yakni Mark Felt.


2. Syriana (2005)

Film geopolitik ini melibatkan tokoh dari banyak negara, mulai dari Amerika Serikat, China, hingga negara di Timur Tengah. Dalam Syriana, perusahaan energi besar di AS, Connex Oil mencoba menangkis tuduhan korupsi yang menyerang mereka.

Film arahan Stephen Gaghan ini dibintangi oleh George Clooney, Matt Damon, Jeffrey Wright, dan Chris Cooper.



3. The Insider (1999)

Film besutan Sutradara Michaell Man ini bercerita soal pembongkar skandal di industri rokok Amerika Serikat.

Meski tak berhasil masuk dalam jajaran box office, The Insider mendapatkan ulasan dan apresiasi yang positif. Film ini mendapatkan tujuh nominasi Academy Award, termasuk kategori Film Terbaik dan Aktor Pemeran Utama Pria Terbaik untuk Russel Crowe.


4.  Snowden (2016)

Film ini diangkat dari kisah nyata Edaward Snowden yang membocorkan ribuan dokumen rahasia badan keamanan Amerika, NSA ke media. Dokumen itu mengungkap bahwa pemerintah Amerika memata-matai semua masyarakat.


Snowden sempat menjadi skandal yang mendunia, bahkan sosoknya ditetapkan sebagai buronan seperti tetapan KPK pada Setnov. Snowden sendiri kemudian ‘berlindung’ kepada Rusia.


5. Lincoln (2012)

Berlatar tahun 1865, film ini mengangkat usaha Lincoln untuk mengupayakan amandemen ke-13 Konstitusi Amerika Serikat. Lincoln yang diperankan Daniel Day-Lewis itu berusaha agar amandemen itu disahkan sebelum perang sipil berakhir.

Amandemen ke-13 bertujuan menghapuskan perbudakan di Amerika Serikat, kondisi yang sudah lama menjadi skandal dalam sejarah apartheid Negeri Paman Sam. Penghapusan itu sempat menjadi kontroversi karena masih ada sebagian masyarakat yang menjunjung white supremacy.


Dalam film arahan Stevel Spielberg ini, Lincoln ditampilkan sebagai orang yang cerdik dan ahli strategi.

Berita Terkait

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top