Games

Main Pokemon Go Bisa Kurangi Stres Secara Signifikan

Main Pokemon Go Bisa Kurangi Stres Secara Signifikan

Masih ingat dengan fenomena game Pokemon Go pada tahun lalu? Game ini mampu mendorong para pemainnya untuk rajin beraktivitas di luar dan mencari Pokemon yang tersebar di peta nyata secara real time.

Saat ini, game Pokemon Go memang bisa dibilang telah ditinggalkan para pemainnya, termasuk di Indonesia. Banyaknya perubahan dan cara curang alias cheat membuat game ini terasa membosankan dan tak lagi memberi keseruan seperti di awal kemunculannya.

Namun, sebenarnya kegiatan mencari Pokemon di jalanan bisa memberikan dampak positif bagi si pengguna. Menurut riset Universitas Tokyo di Jepang, bermain game Pokemon Go dapat mengurangi tingkat stres dan memberi efek positif bagi kesehatan mental.

Studi riset ini dikumpulkan lewat survei yang dilakukan terhadap 3.915 partisipan di Jepang. Semua partisipan itu adalah pekerja full-time dengan tingkat stres yang cukup tinggi. Kemudian diketahui, pemain Pokemon Go yang telah memainkan game ini lebih dari sebulan dilaporkan mengalami penurunan tingkat stres yang signifikan.

"Berkurangnya tingkat stres psikologis pada pemain Pokemon Go lebih baik ketimbang yang tidak memainkannya. Game Pokemon Go bisa secara efektif mengatasi stres para pekerja," tulis tim riset dalam laporannya.

Pokemon Go, yang dimainkan oleh 65 juta orang setiap bulannya, mengubah para pengguna menjadi trainer Pokemon dan membuat para pemain untuk mencari serta menangkap Pokemon di dunia nyata dengan bantuan teknologi augmented reality (AR). Tak hanya memuncaki urutan game pada Juli 2016, Pokemon Go juga berhasil merangkul pemain muda dan juga tua.

Walau game ini sangat menguras baterai, tapi beberapa studi menunjukkan Pokemon Go memang baik untuk kesehatan. Karena mendorong pengguna untuk turun ke jalan menangkap Pokemon, game ini juga bermanfaat untuk meningkatkan performa fisik si pemain.

Menurut sebuah laporan pada Maret, umumnya para pemain Pokemon Go berjalan lebih jauh sebanyak 26 persen dalam sebulan yang baik untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke.

Tertarik untuk bermain Pokemon Go lagi demi kesehatan dan mengurangi stres?

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top