Film

Mengulik Teknik Video Stop Motion

Mengulik Teknik Video Stop Motion

Ilustrasi / © Pixabay

Stop Motion adalah salah satu teknik lawas yang hingga kini masih menjadi salah satu primadona dalam dunia videografi.

Teknik Stop Motion sejatinya sudah mulai dikenal cukup lama, yakni antara 1960 sampai 1970 yang di populerkan oleh animator tanah liat Eliot Noyes Jr dengan salah satu karyanya, Clay or The Origin of Species.

Secara sederhana teknik Stop Motion adalah membuat film atau animasi seolah terpotong-potong per bagian, namun tetap berhubungan untuk membentuk suatu cerita. Menurut laman International Design School, ada beberapa bentuk stop motion yang populer digunakan yakni:

Cut Out Animation
Cut Out Animation menggunakan objek animasi yang dirancang, digambar pada lembar kertas lalu dipotong sesuai bentuk yang telah dibuat dan diletakan pada bidang datar sebagai latar belakang.

Clay Animation
Jenis ini menggunakan tanah liat sebagai objek yang digerakkan. Shaun the Sheep adalah contoh karya Clay Animation yang sangat sukses.

Puppet Animation
Objek animasi pada jenis ini adalah boneka atau figur lainnya yang merupakan penyederhanaan dari bentuk alam.

Pixilation Animation
Pixilation adalah suatu teknik pemotretan dimana manusia berperilaku seperti boneka. sama seperti animasi stop motion lainnya, tetapi objeknya adalah manusia yang berperilaku seperti boneka. Di bawah ini adalah video contoh bentuk Pixilation.

Graphic Animation
Teknik yang memanfaatkan foto atau grafis sebagai objek animasi.

Object Animation
Teknik ini sebenarnya gampang-gampang susah. Prinsipnya adalah, menggunakan sembarang objek untuk membentuk satu cerita. Bisa kaleng bekas, kantong plastik, sapu tangan, atau apa pun itu.

Lalu teknik mana yang paling menarik? Nah, berhubung uzone.id sedang membuat kompetisi bertajuk Warna Budaya Indonesia satu, maka ini adalah kesempatan untuk mempraktikan seluruh teknik tersebut di sini.

Uzone Stop Motion Competition tidak membatasi teknik membuat video singkat stop motion. Hanya video yang dikirim tak boleh lebih dari 60 detik, dengan resolusi 1280 X 720 pixel. Agak besar, tapi ini demi menjaga kualitas video yang dikirimkan.

Untuk kompetisi ini Uzone mengajak animator kondang tanah air seperti Wahyu Aditya, Founder/President Director PT Hellomotion Korpora Indonesia, lalu Firman Widyasmara Animator Lanting Studio dan Wasis Setiyawan Production MGR Uzone.id untuk melakukan penjurian seluruh video yang masuk.

Ada hadiah puluhan juta menanti dan beberapa kamera aksi untuk video yang terpilih. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan diri kalian di Uzone Stop Motion Competition sekarang juga. Klik gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

 

 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top