Sport

Enam Momen Emosional Buffon Selama 20 Tahun Berkostum Italia

Enam Momen Emosional Buffon Selama 20 Tahun Berkostum Italia

Selama dua dekade membela tim nasional (timnas) Italia, Gianluigi Buffon memiliki banyak kenangan. Namun dari ratusan pertandingan yang telah ia lalui di timnas, ia memiliki enam momen paling emosional.

Pertama, ketika Buffon memulai debutnya di La Nazionale pada play off Piala Dunia 1998. Pada 29 Oktober 1997, ia menggantikan Gianluca Pagliuca yang cedera setelah 32 menit bermain imbang 1-1 dengan Rusia. Tekanan tinggi dan cuaca dingin tak memengaruhi fokusnya.

"Pada malam yang benar-benar mengejutkan. Saljunya luar biasa, lapangan berlumpur, keadaan yang buruk bagi saya ketika melakukan debut," kata penjaga gawang Juventus ini dikutip dari Football Italia, Senin (30/10).

Berikutnya, ketika Buffon tampil kedua kalinya untuk Gli Azzurri. Kala itu Italia bertemu Paraguay di Stadion Ennio Tardini, milik Parma FC. Sebelum meleganda bersama Juve, Buffon pernah berkostum Parma.

"Saya main di babak kedua di stadion saya. Saya membuat salah satu penyelamatan terbaik dalam karier saya, dan mungkin juga terbaik bagi kiper manapun," tutur sang Il Capitano.

Momen ketiga, ketika Buffon mampu memblok sundulan kepala gelandang Prancis yang kini melatih Real Madrid, Zinedine Zidane. Kala itu Italia dan Perancis bertemu di final Piala Dunia 2006. Buffon dan rekan-rekan keluar sebagai jawara usai gelaran tersebut.

Kemudian, saat Buffon memperkuat La Nazionale melawan Republik Ceska pada September 2013. Kala itu mencatatkan penampilan ke-136 untuk negaranya, menyamai bek legendaris dan mantan kapten tim, Fabio Cannavaro.

"Itu kenangan yang indah, karena saya berada dalam kalangan elite sepak bola. Menjadi bagian penting dalam sejarah Azzurri adalah impian setiap pemain dan setiap anak kecil di Italia," tutur Buffon.

Kelima, saat Buffon merayakan keceriaan berlebihan usai Italia mengalahkan Belgia pada Piala Eropa 2016. Saat ia mencoba bergelantungan di mistar gawang, ia tak kuasa menahan badannya. Setelahnya, sang portiere 39 tahun terjatuh dan menjadi konsumsi media untuk diabadikan.

Keenam, ketika Buffon mencatat penampilan ke-1000 dalam karier profesionalnya sebagai pesepak bola. Momen tersebut terjadi saat Buffon tampil dalam laga Gli Azzurri kontra Albania pada Kualifikasi Piala Dunia 2018, beberapa pekan sebelumnya.

"Menjalani hidup sehat, menjaga motivasi, mencintai apa yang Anda lakukan, rekan kerja, semuanya akan terasa lebih mudah, dan Anda bisa mencapai target luar biasa," ujar kiper kelahiran Carrara ini mengungkapkan kunci suksesnya.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top