Music

Nama Musisi Perempuan Menghilang di AMAs 2017

Nama Musisi Perempuan Menghilang di AMAs 2017

Bruno Mars, Drake dan Ed Sheeran memimpin perolehan nominasi American Music Awards, di mana untuk pertama kalinya musisi perempuan tak masuk nominasi di penghargaan utama.

Acara yang akan digelar 19 November 2017 di Los Angeles, California, pemenang ditentukan melalui voting penggemar.

Berbeda dengan Grammy Awards yang lebih bergengsi, berdasarkan pada pemungutan suara dari pelaku industri musik.

Tak ada musisi perempuan yang masuk Artiste Of The Year. Ini pertama kali sejak kategori tersebut dibuat pada tahun 2002.

Bruno Mars, Ed Sheeran dan Drake jadi nomine Artiste Of The Year dan juga Video Of The Year untuk hits masing-masing.

Musisi lain yang masuk Artiste Of The Year ada Kendrick Lamar dan duo The Chainsmokers.

Halsey, bintang pendatang baru berusia 23 tahun yang berduet dengan The Chainsmokers di lagu "Closer" masuk nomine dalam dua kategori, termasuk di antara artis yang menyuarakan kekecewaan atas kurangnya perwakilan perempuan.

"Benar-benar merasa terhormat telah menerima nominasi @AMAs tapi begitu kecewa tahu nama laki-laki yang hampir eksklusif...seperti kesempatan yang terlewatkan," tulis dia kepada 6,4 juta pengikutnya di Twitter.

Kategori lain yang sangat disorot, New Artiste Of The Year, punya satu perwakilan perempuan, Julia Michaels.

Perempuan sering menjadi Artiste Of The Year, di mana Taylor Swift menang tiga kali dan Ariana Grande mendapat penghargaan ini tahun lalu.

AMA juga punya kategori perempuan dan laki-laki dipisah. Lady Gaga, Rihanna dan Alessia Cara masuk dalam Favorite Pop/Rock Female Artiste.

Nominasi ini muncul di tengah meningkatnya perhatian ketidaksetaraan gender di Amerika Serikat, yang begitu mencolok di dunia hiburan, dan di tengah meningkatnya tuduhan bahwa 'raja' Hollywood Harvey Weinstein telah menjadi predator perempuan muda selama bertahun-tahun.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top