Technology

Orang Tua Bisa Kendalikan Nintendo Switch dengan Aplikasi

Orang Tua Bisa Kendalikan Nintendo Switch dengan Aplikasi

Nintendo punya konsol permainan portable baru bernama Nintendo Switch. Produk ini baru akan dijual mulai 3 Maret 2017, namun beberapa informasi mengenai perangkat ini beserta segala aksesoris dan kelengkapan game sudah mulai beredar di jagat maya.

Nintendo menyatakan perusahaan menyediakan sebuah aplikasi ponsel khusus yang diperuntukkan bagi orang tua. Aplikasi bernama Nintendo Switch Parental Control ini akan tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS, seperti dilansir melalui Slashgear.com, Senin 16 Januari 2017.

Aplikasi ini adalah aplikasi pembatasan dan pengaturan perangkat Nintendo Switch. Orang tua pemilik Switch diberi keleluasaan untuk mengendalikan durasi waktu penggunaan Switch oleh anaknya.

Aplikasi ini juga memungkinkan orang tua untuk menetapkan batas waktu termalam penggunaan perangkat Switch oleh anak-anak, menetapkan pembatasan permainan yang boleh dimainkan berdasarkan peringkat permainan dan mengumpulkan data tentang bagaimana anak-anak menghabiskan waktu bermain meraka.

Aplikasi ini akan menawarkan laporan bulanan mengenai pola bermain anak, mulai dari aplikasi yang sering dimainkan beserta data penggunaan berdasarkan waktu.

Pembatasan ini akan muncul dalam bentuk notifikasi pengingat di layar sisi kiri atas konsol sesuai dengan pengaturan yang dilakukan orang tua. Bahkan lebih jauh lagi, aplikasi ini bisa membuat konsol menon-aktifkan perangkat secara otomatis ketika batasan waktu pengaturan telah dipenuhi, misalnya setelah dipergunakan sekian menit atau jam, konsol akan mati dengan sendirinya.

Orang tua juga bisa mengatur waktu berdasarkan hari, dimana konsol boleh atau tidak boleh dimainkan. Jika anak melanggar batas waktu penggunaan, konsol dan aplikasi dapat merekam, berapa lama pelanggaran waktu bermain dilakukan oleh anak.

Pengaturan ini bisa dilakukan dari jarak jauh oleh orang tua melalui aplikasi dalam ponsel mereka. Namun orang tua juga harus mengubah pengaturan, ketika mereka ingin memainkan Switch di saat perangkat dalam pengaturan dilarang digunakan anak.

Sayangnya pengaturan dalam aplikasi ini tidak bisa mengatur batasan penggunaan berdasarkan pemakai. Sehingga jika perangkat digunakan oleh beberapa anak berbeda usia, pengaturan yang ditetapkan berlaku universal dan tidak bisa dibedakan berdasarkan siapa yang sedang menggunakan.

 

SLASH GEAR | PHONE ARENA | MAYA NAWANGWULAN

Berita Terkait:

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top