Technology

Ratusan Aplikasi di Google Play Terinfeksi Malware

Ratusan Aplikasi di Google Play Terinfeksi Malware

Trending Video From Indonesia

Berhati-hatilah bagi Anda yang doyan mengunduh aplikasi gratis di Google Play. Soalnya, beberapa aplikasi yang tersedia diduga telah terinfeksi malware.

Dalam temuan pakar keamanan Trend Micro, seperti dikutip phonearena, ada lebih dari 800 aplikasi Android Google Play Store terinfeksi malware pengumpul informasi yang dijuluki Xavier.

Malware Xavier diduga telah terinstal di berbagai aplikasi Android gratis, seperti editor foto dan wallpaper. Parahnya, aplikasi-aplikasi tersebut telah di-download jutaan kali sejauh ini.

Malware Xavier sebenarnya adalah perpustakaan iklan, sebuah sistem terintegrasi dalam aplikasi gratis yang memungkinkan iklan sebagai sumber pendapatan bagi pengembang mereka. Sistem ini lebih terkenal dengan sebutan adware.

Sayangnya, Xavier baru-baru ini berevolusi menjadi perangkat lunak berbahaya yang lebih berbahaya dan canggih. Ahli keamanan Trend Micro mengatakan bahwa Xavier kini dapat mencuri informasi.

Xavier terindikasi dapat mengumpulkan data pengguna tanpa henti termasuk alamat email, id perangkat, model, Versi OS, negara, produsen, operator kartu SIM, resolusi, dan aplikasi.

Jumlah pengguna yang dilaporkan paling banyak terinfeksi berasal dari negara-negara di Asia Tenggara seperti Vietnam, Filipina, dan Indonesia, dengan jumlah unduhan yang lebih sedikit dari AS dan Eropa.

Cari paling mudah mencegahnya adalah dengan mengunduh aplikasi terpercaya di Play Store.

 

Berita Terkait:

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
Tag : google play malware 
To Top