News

Saat Anies Baswedan Ikut Tarik Tambang dan Talinya Putus

Saat Anies Baswedan Ikut Tarik Tambang dan Talinya Putus

Gubernur Jakarta periode 2017-2024 Anies Rasyid Baswedan ikut memeriahkan pesta peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 72 di Jalan Lebak Bulus Dalam II, ‎‎‎RT 6, RW 4, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan.

Anies mengikuti lomba tarik tambang. Sebelum bertanding, mantan rektor Universitas Paramadina bercerita dulu merupakan juara bertahan tarik tambang. Dia mengatakan targetnya kali ini adalah mempertahankan gelar juara.

"‎Alhamdulillah, sore hari ini kita kumpul. Alhamdulillah tempat ini bisa kita pakai lagi. Hari ini saya keliling dulu. Alhamdulillah kita kumpul lagi di sini, saya ingin ikut tarik tambang karena yang lalu, saya adalah juara bertahan. Selamat menikmati. Kita rayakan kemerdekaan bangsa ini. Mudah-mudahan ini bisa mengakrabkan warga kita," kata Anies.

Pertandingan tarik tambang tersebut menggunakan sistem gugur. Ada lima tim yang mengikuti pertandingan. Setiap tim terdiri dari lima peserta.

Setiap pertandingan digelar dalam tiga babak. Tim yang memperoleh kemenangan dua kali, dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

Tim Anies memulainya lebih dulu pada tahapan penyisihan. ‎Anies yang menggunakan kaos berkerah warna hitam mengambil posisi di bagian terdepan.

Di babak pertama pertandingan, Anies moncer merebut kemenangan. Lawannya bisa dilibas sekali tarikan.

"Tim tangguh ini," kata Anies.

Babak kedua kemudian dimulai. Anies dan lawannya bertukar posisi. Saat wasit menyatakan pertandingan dimulai, baru beberapa detik tarik menarik terjadi sekuat-kuatnya, dan tambang yang digunakan putus.

Sontak, Anies jatuh terjengkang. Dia pun menindih rekan satu timnya yang ada di belakangnya.

"Aduh," kata Anies.

Penonton menjadi riuh. Kebanyakan dari mereka tertawa karena melihat tambang terputus.

Panitia kemudian mengganti tambang dengan yang baru. Pertandingan babak kedua diulang kembali. Tim Anies menang lagi ‎dalam sekali tarikan. Timnya kemudian melenggang ke final.

Di pertandingan final, tim Anies tidak mendapatkan kesulitan. Dua babak di laga final ini dengan mudah dia menangkan. Tim Anies kembali mempertahankan gelar juara mereka.

"‎‎Saya senang sekali acaranya meriah‎. Tadi ini tambangnya agak basah jadi ditangan tidak terlalu keras. Tapi kalau basah ternyata putus. Tadi putus. Untung belakang saya putus. Tarik tambang putus baru sekarang ngalamin," kata Anies.

Menurutnya, perayaan peringatan HUT RI harus dilakukan seperti ini. Di mana para acara peringatan seperti ini di isi oleh lomba yang diikuti para warga. Meski perlombaaan yang dibuat cukup sederhana dan nyaris sama di seluruh Indonesia, namun hal ini bisa menciptakan keakraban antar warga di kampung-kampung.

"Ini perayaan rakyat atas kemerdekaan bangsa. Dan harus kita kembalikan sebagai perayaan rakyat. Jangan acara 17an menjadi acara negara yang ditonton oleh rakyat, tapi jadi perayaan rakyat yang dilaksanakan oleh rakyat dan ini salah satunya," kata dia.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top