Technology

Sistem Face ID iPhone X Dapat Ditipu dengan Topeng

Sistem Face ID iPhone X Dapat Ditipu dengan Topeng

Seorang periset dari perusahaan keamanan siber Bkav, berhasil mengelabui perangkat lunak pengenalan wajah (Face ID) Apple di iPhone X dengan menggunakan topeng yang dibuat dengan printer 3D, silikon dan pita kertas.

Ngo Tuan Anh, Wakil Presiden Bkav, mengatakan bahwa mereka berhasil membobol Face ID. Dalam sebuah video demonstrasi yang Bkav unggah di YouTube, tampak iPhone X dapat dibuka menggunakan wajahnya dan topeng.

Anh mengakui bahwa menyiapkan topeng itu tidak mudah, namun dia meyakini bahwa demonstrasi tersebut menunjukkan pengenalan wajah sebagai cara untuk membuka ponsel memiliki risiko bagi beberapa orang.

"Tidak mudah bagi orang normal untuk melakukan apa yang kita lakukan di sini, tapi ini adalah kekhawatiran orang-orang di sektor keamanan dan orang-orang penting seperti politisi atau kepala perusahaan," katanya.

Anh mengatakan bahwa proses penelitian tersebut memakan waktu sekitar satu minggu dan banyak mengalami kegagalan. Bingkai topeng terbuat dari material plastik, ditutup dengan selotip kertas agar menyerupai kulit, dengan hidung silikon dan mata dan mulut yang terbuat dari kertas.

Ini adalah kasus pertama yang dilaporkan para periset di mana Face ID dapat dikelabui.

Menanggapi kasus ini, Apple menolak berkomentar. Malahan, mereka meminta jurnalis untuk merujuk ke halaman di situsnya yang menjelaskan bagaimana Face ID bekerja.

Halaman itu mengatakan bahwa kemungkinan Face ID dapat dikelabui dengan wajah pengguna lain adalah 1 : 1,000,000. Halaman itu juga mengatakan bahwa Face ID hanya mengizinkan upaya pencocokan yang tidak berhasil maksimal lima kali. [Reuters]

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

iphone x 
To Top