Technology

Sistem Face ID iPhone X Dikhawatirkan Mudah Dikelabui

Sistem Face ID iPhone X Dikhawatirkan Mudah Dikelabui

Apple secara resmi meluncurkan sistem keamanan ponsel Face ID barunya. Walaupun diklaim aman oleh Apple, sebagian orang menganggap sistem terbaru ini dapat digunakan untuk tindakan kejahatan.

Senator Amerika Serikat dari Minnesota, Al Franken mengirim surat kepada CEO Apple Tim cook untuk meminta informasi lebih lanjut mengenai kemungkinan masalah privasi yang mungkin timbul.

Ada beberapa kekhawatiran yang diutarakan Franken. Salah satunya adalah mengenai kemampuan Face ID untuk dapat membedakan wajah asli manusia dengan wajah pada sebuah foto.

"Apakah Apple dapat memastikan bajwa Face ID dapat membedakan wajah asli dengan foto," ujarnya.

Tak hanya Franken, Edward Snowden juga mengungkapkan ketakutannya terhadap teknologi Face ID. Ia berkeyakinan bahwa teknologi ini dapat dengan mudah disalahgunakan.

"Pemindai wajah, sebuah teknologi yang dapat disalahgunakan," ujarnya melalui tweet di akun resminya.

Sejauh ini, Apple belum memberikan tanggapannya atas kekhawatiran yang diungkapkan oleh Snowden dan Franken. Namun, Phil Schiller, senior vice president of worldwide marketing, menjamin bahwa teknologi Face ID tidak dapat ditipu hanya dengan sebuah foto.

"Kami dibantu oleh pembuat topeng profesional dan seniman makeup di Hollywood untuk melindungi face ID dari upaya penipuan," ujarnya.  

Sekadar informasi, teknologi Face ID melibatkan kamera inframerah, flood illuminator, kamera depan, proyektor dot, sensor jarak dan sensor cahaya sekitar.

Proyektor dot memancarkan lebih dari 30.000 titik inframerah tak terlihat dan kamera infra merah menangkap gambar. Apple menggunakan gambar inframerah dan pola titik dan mendorongnya melalui jaringan saraf untuk menciptakan model matematis wajah Anda. (LA Times/The Next Web)

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

iPhone X Apple 
To Top