icon-category Technology

Telco bertumbangan, TelkomGroup tetap melaju di bisnis digital

  • 24 Nov 2017 WIB
Bagikan :

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menunjukkan sinyal tetap akan melaju mengembangkan ekosistem bisnis digital guna bertransformasi dari Telco Company (TelCo) menjadi Digital Company (DiCo).

Bisa dikatakan, saat ini TelkomGroup satu-satunya operator (Telco) di tanah air yang konsisten membangun ekosistem bisnis digital setelah di tahun ini Indosat Ooredoo dan XL Axiata mengibarkan bendera putih menggarap bisnis yang dianggap model bisnisnya “bakar uang” oleh pelaku usaha.

XL Axiata telah melikuidasi direktorat Digital Service dan melepas platform eCommerce elevenia. (baca: XL Lepas Elevenia)

Sementara Indosat Ooredoo mematikan eCommerce Cipika dan layanan eMoney Dompetku “dikerjasamakan” dengan PayPro. (Baca: Indosat tak lagi bisnis digital)

Berbeda dengan kompetitornya, operator pelat merah itu menyelenggarakan Digi Summit TelkomGroup 2017 pada 22-23 November 2017 di Jakarta.

Dalam rangkaian acara tahunan ini, Telkom juga melakukan serangkaian penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama dengan beberapa mitra lokal dan internasional. Selain itu, TelkomGroup juga memperkenalkan beberapa layanan digital terbarunya kepada masyarakat.

“TelkomGroup mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo yang mencanangkan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Hal ini juga sejalan dengan visi TelkomGroup untuk menjadi the King of Digital in the Region,” ujar Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun mengenai inisiatif penyelenggaraan Digi Summit TelkomGroup 2017, kemarin.

Digi Summit yang tahun ini mengambil tema “Engage Today to Shape Tomorrow” mengajak mitra dan pelanggan untuk berkolaborasi membangun dan mengembangkan layanan digital yang dibutuhkan saat ini dan masa depan dalam era transformasi digital.

David  berharap, kolaborasi TelkomGroup dengan mitra dapat menghasilkan layanan digital terbaik bagi masyarakat dan perusahaan di Indonesia. “Semua layanan digital ini harus memberikan manfaat yang luas baik bagi perusahaan dan bangsa, sehingga Ekosistem Digital akan tercipta untuk mewujudkan pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia yang berkelanjutan,” tegasnya.

alt-img

Digi Summit TelkomGroup 2017 mengundang pembicara-pembicara dari berbagai kompetensi mulai dari praktisi, regulator hingga konsultan, baik dari dalam maupun luar negeri, diantaranya Direktur Bank BRI Indra Utoyo, CEO Cellum International DR Janos Koka, CEO Lotus Flare Sam Gadodia, Direktur Digital Finance Innovation dan Micro Finance Development Group OJK Fithri Hadi dan juga pimpinan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo RI) yang membahas topik yang sedang hangat saat ini, yaitu Fintech dan Big Data.

Kerjasama

Pada event ini, TelkomGroup menandatangani kerjasama untuk membangun bisnis digital dalam bidang Fintech untuk pelanggan enterprise dengan menggandeng Cellum International yang berpusat di Hungaria sebagai mitra, untuk melengkapi ekosistem Fintech yang telah disediakan TelkomGroup dan mengembangkan industri Fintech Indonesia di masa mendatang.

Untuk memperkaya Ecommerce bagi pelanggan Enterprise juga ditandatangani kerjasama dengan perusahaan lokal ADW.

Sementara itu, untuk mengembangkan layanan digital bagi pelanggan perorangan seperti game, video, music hub, serta browser, TelkomGroup akan men-deliver layanan tersebut melalui anak perusahaan Melon dan Metranet yang didukung mitra penyedia platform and konten.

Melalui Metranet, anak usaha Telkom dengan bisnis alat bayar game, TelkomGroup menggandeng Agate sebagai mitra yang akan membangun ekosistem game dan juga publisher game international seperti GameLoft dan Garena.

Untuk membangun entertainment hub, TelkomGroup akan membangun video hub berbasis advertising dan subscription dengan menggandeng beberapa mitra penyedia konten video dan musik diantaranya  HOOQ, Muvinow, Goers dan Finnet untuk memudahkan pembayaran pengguna.

Layanan Terbaru  

Dalam acara Digi Summit 2017 ini, TelkomGroup memperkenalkan beberapa layanan digital baru.

Untuk segmen enterprise, diperkenalkan layanan “xooply” dan xsight.

Xooply merupakan platform B2B Marketplace yang akan memberikan kemudahan kepada perusahaan melakukan transaksi secara online (eCommerce).

Xooply.com nantinya merupakan platform B2B e-Marketplace pertama yang mengagregasikan kebutuhan pengadaan maintenance, repair, and operations (MRO) dari BUMN, BUMD dan K3S.

Dalam plaform ini kemitraan B2B antara pembeli dari BUMN/D dan K3s dengan penyedia barang disolusikan dengan inovasi teknologi e-procurement terkin sehingga pengadaan barang dapat lebih efektif, efisien dan transparan.

Saat ini, pelanggan enterprise dan developer juga dapat memanfaatkan analitik Big Data dan API TelkomGroup yang  bisa diakses secara online dan self-service melalui layanan web “Xsight”.

Xsight dapat mempermudah keputusan bisnis perusahaan dan juga membantu developer membangun aplikasinya.

Di bidang advertising, melalui layanan “Aim Right”, TelkomGroup berupaya memudahkan pelanggan korporasi untuk mengirimkan informasi produk berbagai format melalui aplikasi telepon selular kepada profil pengguna sesuai target penerima informasi. Layanan “Xooply”, “Xsight” dan  “Aim Right”  ini akan dapat dinikmati pelanggan pada Desember 2017.

Untuk memberikan pengalaman Like Never Before, untuk anak-anak dan keluarga Indonesia, TelkomGroup kini telah siap menyediakan USearch, browser terkini yang dikastemisasi untuk melindungi anak-anak dari konten pornografi, cybercrime, rasis dan konten-konten negatif lainnya.

TelkomGroup juga memperkenalkan HOOBEX dan OONA yang merupakan layanan “Twin OTT Platform” untuk entertainment.  Hoobex akan memanjakan pelanggan dengan layanan video dan music premium dengan cara berlangganan.

Layanan ini dilengkapi dengan OONA yang akan memiliki puluhan atau ratusan kanal TV/linear channel yang bisa dinikmati pelanggan secara gratis dan berbasis programmatic advertising.

Dengan inovasinya dalam programmatic advertising, OONA akan mendorong terjadinya industri konten video yang sehat di Indonesia.

Diharapkan kolaborasi antara penyedia konten yang menyediakan konten terbaiknya dengan agency/brand yang akan mendapatkan kualitas target pasar lebih akurat memberikan win-win solution terhadap semua pelaku sekaligus memerangi pembajakan konten video.

Entertainment hub melalui Hoobex saat ini telah tersedia dalam versi web www.hoobex.com. Dalam bentuk apps, Hoobex dan OONA akan siap pada Desember 2017.(dn)

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini