Sport

Timnas U-16 Nyaris Tanpa Celah

Timnas U-16 Nyaris Tanpa Celah

Nyaris tanpa celah, begitulah perjalanan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 di ajang kualifikasi Piala Asia U-16 yang digelar di Bangkok, Thailand. Dalam empat laga, mereka sukses meraih empat kemenangan.

Sampai pada pertandingan terakhir kualifikasi Piala Asia U-16 2018 di Grup G, Timnas U-16 tetap bisa mempertahankan konsistensi. Pada laga terakhir di grup tersebut, Jumat (22/9/2017) sore WIB, Timnas U-16 menang 3-0 atas Laos. Kemenangan tersebut membuat mereka lolos ke Piala Asia U-16 tahun depan. Padhal tim besutan Fakhri Husaini tersebut hanya butuh hasil imbang saja untuk lolos. 

Sumbangan dua gol dari Sutan Zico dan sepakan penalti Rendi Juliansyah menjadi penentu kemenangan Timnas U-16 atas Laos. Fakhri pun mengaku puas melihat pencapaian dan permainan tim besutannya pada babak kualifikasi ini. 

"Alhamdulillah saya amat, sangat, bangga dan bahagia tim kami bisa memenangi semua pertandingan di kualifikasi kami. Saya sangat hargai perjuangan anak-anak yang tanpa kenal lelah dengan determinasi tinggi mereka bermain berjuang demi bangsa dan negara," ujar Fakhri dalam keterangan resminya seusai laga. 

"Kunci pertandingan kali ini saya mengganti pemain yang jarang diturunkan. Keinginan yang kuat dari anak-anak mewujudkan hal ini. Saya tidak terlalu banyak mengganti pemain dalam tiap-tiap pertandingan," lanjutnya.

"Tak hanya itu, tuntas sudah perlawanan kami dengan Thailand dan Laos, keduanya bisa kami taklukkan di ajang kulalifikasi kali ini," ucapnya kemudian. Pada pertemuan sebelum babak kualifikasi Piala Asia U-16 ini, Timnas U-16 memang sempat ditekuk Thailand dan Laos.

Atas hasil ini, David Maulana dan kawan-kawan berhak mendapatkan satu tiket ke Piala Asia yang akan dihelat di Malaysia, 20 September-7 Oktober 2018. Kendati telah lolos, tak ada waktu bersantai bagi awak Timnas U-16. Fakhri akan kembali melakukan sejumlah persiapan dan program pemusatan latihan jangka panjang. Bukan tak mungkin, kata Fakhri, sejumlah nama baru akan menghuni skuatnya nanti. 

"Persiapan kami setelah ini adalah melakukan evaluasi. Apakah ada pemain yang diganti atau masih layak untuk dipertahankan, kami masih akan lihat dulu mengingat Indonesia adalah negara yang luas dengan banyaknya bakat serta talenta-tinggi tersebar di semua daerah."

 

 

"Tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pendukung kami yang ada di Indonesia, terutama yang mendukung kami langsung di stadion. Kemenangan ini kami persembahkan untuk mereka, para pendukung kami," tutup Fakhri.

Pada kesempatan yang sama, hal senada juga diungkapkan oleh salah satu pencetak gol pada laga kali ini, Rendy Juliansyah. Pemilik nomor punggung 10 ini berharap dirinya masih bisa memberikan kontribusi bagi Timnas U-16 di ajang Piala Asia tahun depan.

"Alhamdulillah saya bisa memberikan kontribusi kepada tim dengan gol penalti itu. Saya berterima kasih kepada pelatih atas kesempatan itu dan tentu sangat senang bisa lolos dari kualifikasi ini," ucapnya.

"Saat ini kami sudah harus menatap putaran final tahun depan. Semoga tim ini masih bisa bertahan dan bisa lebih baik lagi," ujar Rendy mengakhiri.

 

 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

Timnas U-16 
To Top