Health

Cegah dan Atasi Batu Empedu

Cegah dan Atasi Batu Empedu

Batu empedu merupakan bahan endapan yang dibentuk oleh tubuh yang mengalami penimbunan di sepanjang sistem empedu, meliputi kantung dan saluran empedu. Batu empedu dapat bervariasi ukurannya, dari sebesar pasir hingga sebesar bola pingpong.

Bentuknya juga berbeda-beda, tergantung dari jenis kandungannya. Berdasarkan materi pembentuknya, batu empedu dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu batu kolesterol dan batu pigmen.

Jika sudah berukuran lebih dari 8 milimeter, batu empedu mulai menimbulkan gejala. Karena kantung empedu itu berkontraksi, maka batu yang ada di dalamnya akan didorong keluar sehingga sangat dimungkinkan batu itu menyangkut di saluran empedu.

Keluhan utamanya berupa nyeri yang sangat hebat di perut kanan atas. Dapat juga dirasakan nyeri pada punggung atau pada pundak kanan. Salah satu cara untuk mengurangi nyeri ini adalah dengan minum banyak air pada awal serangan.

Cara lain adalah dengan mengonsumsi magnesium diikuti dengan minum cairan yang pahit, seperti kopi. Cairan yang pahit menstimulasi laju aliran empedu. Penelitian menunjukkan rendahnya angka kejadian batu empedu pada peminum kopi.

Makanan rendah serat, tinggi kolesterol, dan tinggi karbohidrat berperan dalam pembentukan batu empedu. Faktor lain yang berperan dalam pembentukan batu empedu adalah kehilangan berat badan yang drastis, kesulitan buang air besar, sedikit makan ikan, dan kekurangan asam folat, kalsium, serta vitamin.

Karenanya, cegah pembentukan batu empedu sejak dini, yaitu dengan mengurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti makanan berlemak, terutama yang mengandung lemak hewani.

Pemeriksaan terbaik untuk dapat melihat adanya betu empedu adalah dengan pemeriksaan USG dan kolesistografi. Jika pasien sudah mengalami gejala kesakitan, operasi pengangkatan kantung empedu merupakan tindakan yang lazim dilakukan.


 


 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

batu empedu 
To Top