Health

Tips Menghilangkan Lemak dengan Cepat

Tips Menghilangkan Lemak dengan Cepat

Hidup itu singkat. Anda terlalu sibuk dan tidak punya waktu untuk melakukan prosedur pengikisan lemak yang bertele-tele. Tidak. Kami belum menyarankan Anda untuk menjalani prosedur sedot lemak. Masih ada alternatif lain yang lebih murah namun cukup cepat dan efektif. Inilah 8 jalur kilat yang akan mengikis lapis demi lapis lemak di tubuh Anda.


1. Beli sayuran beku

Setelah letih seharian bekerja tentunya memotong-motong sayuran, kemudian memasaknya, adalah hal yang terlalu berlebihan bagi Anda. Lebih mudah bila Anda sudah memiliki pasangan – suruh saja Dia yang melakukanya. Tapi bila Anda lajang? Kerepotan itu akan menggoda Anda untuk mengambil jalan pintas yang tidak sehat – menelepon layanan pesan antar dari restoran cepat saji.

Untuk mencari pasangan yang bersedia menyiapkan makanan sehat untuk Anda membutuhkan waktu. Jadi itu juga bukan solusi cepat. Paling mudah dan cepat adalah membeli sayuran beku.

“Tapi, jangan asal beli sayuran beku.Hindari jenis yang mengandung garam berlebihan atau terlalu manis karena dapat menimbulkan masalah kegemuka dan tekanan darah tinggi. Pilih sayuran yang tidak dicampur dengan saus yang berwarna putih (creamy) untuk menghindari asupan kalori berlebihan,” ujar dr. Fiastuti Widjaksono, SpGK, spesialis gizi klinis dari Rumah Sakit Pusat Pertamina.

2. Rencanakan sebelumnya

Diet tanpa rencana adalah omong kosong. Jadi, daripada bengong di tengah kemacetan dalam perjalanan ke kantor, pikirkan apa yang akan Anda makan sepanjang hari ini. “Dengan membuat pilihan-pilihan bijak atas menu makanan Anda, langkah untuk menurunkan berat badan dan memiliki gaya hidup sehat akan lebih mudah dicapai,” kata dr. Fias.

Akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat apabila Anda telah merencanakannya sebelumnya. Rencanakan menu makanan Anda untuk beberapa minggu pertama program penurunan berat badan sampai Anda mampu membuat pilihan menu makanan yang lebih sehat secara spontan.

3. Makan lebih banyak serat

Salah satu cara terbaik untuk kenyang lebih lama (artinya Anda lebih kuat untuk menangkis godaan dari makanan di sekeliling Anda) tanpa makan berlebihan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Tidak hanya lebih lama dicerna, serat juga akan mengembang begitu bertemu cairan di dalam perut Anda.

“Makanan kaya serat perlu waktu lebih lama untuk dikunyah sehingga membuat porsi makan terasa lebih besar dan biasanya rendah kalori,” tambah dr. Fias. Jumlah konsumsi harian yang direkomendasikan untuk Anda adalah 18gr – itu bisa Anda dapatkan dari 90gr pasta gandum (bobot kering), 30gr cereal gandum dan dua buah jeruk.

4. Gunakan minyak kelapa

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal Of Clinical Nutrition, lemak dalam minyak kelapa lebih cepat dicerna daripada lemak pada mentega. Itu membuatnya lebih cepat dikonversi menjadi energi. “Anda dapat mencampurkan 1 sdm minyak kelapa ke dalam segelas air hangat. Cara ini bermanfaat meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Minum ramuan tersebut sebelum berolahraga. Untuk mendapatkan khasiat optimal, pilih minyak kelapa organik,” saran dr. Fias.

5. Makan tiap tiga jam

Jika Anda ingin mengikis lemak dari tubuh, Anda tidak boleh makan ketika merasa lapar. Anda harus makan setiap tiga jam. Jika Anda membiarkan perut Anda kosong terlalu lama, itu akan merangsang hormon stres cortisol yang mendorong proses penimbunan lemak. Hal itu terjadi karena tubuh membangun mekanisme antipasi terhadap kurangnya pasokan bahan bakar (karena perut Anda kosong) dengan mempersiapkan energi cadangan dalam bentuk timbunan lemak.

6. Mengunyah dengan santai

Putar lagu yang bersemangat ketika berlari di mesin treadmill dan pilih lagu mellow ketika Anda makan. Penelitian membuktikan bahwa mereka yang makan sambil mendengarkan musik berirama tenang cenderung mengunyah lebih lambat.

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika baru-baru ini menemukan bahwa mereka yang mengunyah makanannya antara 20 dan 30 kali akhirnya mengasup kalori 70% lebih sedikit dibanding mereka yang mengunyah makanannya lebih cepat. Ketika Anda makan perlahan, otak akan mengirimkan sinyal  kenyang, sehingga mengurangi porsi makan,” jelas dr. Fias.

7. Bangun dan berlari

Ini adalah jalan pintas yang akan membantu Anda melampaui dua pulau sekaligus dalam satu kali kayuhan. Berlari dapat meredam nafsu makan Anda. Menurut sebuah penelitian, latihan aerobik selama 60 menit menghasilkan panas yang membuat sirkulasi darah menjauhi perut dan saluran pencernaan. Hal tersebut, pada gilirannya, akan meredam nafsu makan Anda – meskipun hanya untuk sementara, selama kurang lebih satu sampai dua jam.

8. Pilih yang hijau

Pisang yang sudah matang memang terlihat lebih menggiurkan. Tapi, yang warnanya masih hijau ternyata justru memliki pati yang lebih padat, yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda dan mengendalikan level kolesterol.

Sebuah studi awal di University of Colorado, Amerika, menemukan kandungan pati pada pisang yang belum terlalu matang membantu Anda menghilangkan lemak lebih cepat karena pati tersebut mengubah cara tubuh mencerna makanan. Biasanya, karbohidrat adalah nutrisi yang pertama digunakan, tapi ketika pati pisang hijau ini mengubah pola itu menjadi lemak yang pertama diubah menjadi energi.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
Tag : tips fitness olahraga 
To Top