News

Tokyo Jadi Kota Paling Aman di Dunia, Jakarta Urutan Empat Terbawah

Tokyo Jadi Kota Paling Aman di Dunia, Jakarta Urutan Empat Terbawah

Business concept for real estate and corporate construction - Tokyo tower, landmark of Japan, and panoramic modern city bird eye view with dramatic sunrise and morning sky

Majalah The Economist merilis daftar kota-kota yang dianggap paling aman di dunia. Dalam 60 kota yang didata, Tokyo menjadi kota paling aman. Tingkat keamanan di Tokyo disusul Singapura, Osaka, Toronto, dan Melbourne.

Sedangkan kota yang berada dalam urutan paling buncit atau dianggap paling rawan adalah Karachi, Pakistan. Berada dalam dua posisi lebih tinggi adalah Dhaka, Bangladesh dan Yangon, Vietnam.

Dalam daftar tersebut, terselip satu kota di Indonesia yaitu Jakarta. Namun, posisi Jakarta terbilang tidak aman. Jakarta berada di peringkat 57 atau empat terbawah. 

The Economist menyebutkan, ada beberapa variabel yang pertimbangkan dalam mengurutkan 60 kota tersebut. Di antaranya adalah faktor sosial, ekonomi, pertumbuhan penduduk, dan pertumbuhan tempat tinggal. Pelayanan bagi masyarakat seperti ketersediaan listrik, layanan kesehatan yang baik, serta suplai listrik masuk sebagai bahan pertimbangan. 

Unsur seperti ketersebaran kamera pengintai, jumlah serangan teroris dalam setahun belakangan, sampai keamanan siber pun dijadikan acuan untuk mengurutkan kota teraman hingga paling rawan. 

Untuk Jakarta, The Economist menilai adanya beberapa serangan teroris dalam beberapa tahun terakhir membuatnya berada dalam posisi bawah, meski tidak sampai menjadi paling buncit seperti dalam daftar yang sama pada 2015. Posisi Jakarta naik karena masuknya beberapa kota baru dalam daftar ini, seperti Dhaka dan Yangon. 

 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Tag :

Kota Tokyo Jakarta 
To Top