Film

War for the Planet of the Apes: Presentasi Kejiwaan Sang Pemimpin Kera

War for the Planet of the Apes: Presentasi Kejiwaan Sang Pemimpin Kera

Peperangan melawan kera bersenjata berlanjut di sebuah hutan. Beberapa kera yang menunggang kuda dan mengacungkan senjata ditembak mati.

Namun, kematian mereka memicu datangnya bala bantuan lebih besar. Ribuan anak panah membunuh para tentara.

Salah satu yang berhasil selamat dan dibiarkan tetap hidup oleh pemimpin pasukan kera, Caesar (Andy) adalah Preacher (Gabriel).

Kepulangan Preacher sebenarnya adalah pesan damai dari Caesar terhadap umat manusia. Namun kepulangan Preacher dianggap aib oleh Kolonel (Woody).

Ia lantas memanfaatkan informasi yang didapat dari sejumlah kera pengkhianat. Salah satu pengkhianat itu, Winter (Aleks Paunovic). Dari Winter, Kolonel melacak markas Caesar. Ia bersama sejumlah anak buah berhasil menyusup dan membantai istri serta salah satu anak Caesar.

Melihat dua yang dicintai bersimbah darah, Caesar menuntut balas. Ia mendesis, “Aku tidak memulai perang ini. Koba (Toby Kebbell) yang memulainya dan ia telah tewas di tanganku. Aku hanya berperang untuk melindungi para kera!”

Dimulai dengan peperangan, adu senjata, dan ledakan di belantara hijau, sineas Matt Reeves kemudian membuat keputusan kurang populer dengan memusatkan inti kisah pada kondisi kejiwaan karakter utama, Caesar.

Guncangan pertama dirasakan lewat serangan manusia. Guncangan lainnya terjadi ketika keluarganya jadi korban kebiadaban manusia, gagalnya misi penyelamatan para kera, hingga ia sendiri menjadi tahanan manusia.

War for the Planet of the Apes: Presentasi Kejiwaan Sang Pemimpin Kera

Semua ini dituturkan dengan detail dan berdampak pada melambatnya tempo “permainan” di tengah film. Proses membangkitkan aura kepemimpinan, munculnya dua tokoh baru yang mesti diperkenalkan yakni Nova (Amiah) dan Bad Ape (Steve) turut memperlambat denyut konflik. 

Namun, kesegaran muncul saat Bad Ape dan Nova yang tuna wicara mampu menunjukkan seberapa penting posisi mereka di waralaba kera ini. Amiah mampu mengirim emosi dalam diam.

Sementara Steve, dengan jenius menggelontorkan sejumlah lawakan yang membuat kebekuan dan kesenyapan cerita mencair. Dua jurus ini disusul bangkitnya sang pemimpin kera menjadikan War for the Planet of the Apes sebagai salah satu film musim panas keren tahun ini. 

Matt mengirim pesan bahwa perang bukan proses instan baik saat memulai, mengeksekusi, dan memulihkan dampaknya. Ia dengan teliti memperlihatkan bahwa dalam perang tak ada hitam-putih. Yang ada, motif dan pembalasan yang bersifat kelam, dingin, sekaligus dramatis. 

Pemain    : Andy Serkis, Woody Harrelson, Steve Zahn, Gabriel Chavarria, Amiah Miller
Produser    : Peter Chernin, Dylan Clark, Rick Jaffa, Amanda Silver
Sutradara    : Matt Reeves
Penulis    : Mark Bomback, Matt Reeves
Produksi    : Chernin Entertainment, 20th Century Fox
Durasi        : 2 jam 20 menit

 

(wyn / gur)

 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top