home ×
Digilife

Internet Terbaik untuk Streaming Video di Indonesia: Kota Sorong

03 June 2020 By
Internet Terbaik untuk Streaming Video  di Indonesia: Kota Sorong
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Layanan video streaming memang bergantung pada kecepatan internet yang digunakan. Yang menarik, survei menunjukkan jika kecepatan internet di Bekasi lebih layak untuk video streaming, ketimbang di Jakarta.

Data ini dibuat berdasarkan laporan dari perusahaan analitik mobile OpenSignal. Dalam laporan yang ditulis di blog resminya, dengan judul West Papua's Kota Sorong Enjoy the Best Quality of Mobile Video Streaming in Indonesia' menunjukkan jika Pengguna di Kota Sorong menikmati streaming video pada telepon seluler dengan kualitas terbaik di Indonesia atau Very Good.

"Namun untuk di Pulau Jawa, hanya video streaming di Bekasi yang masuk dalam kategori Very Good. Bahkan di Jakarta dan Surabaya, keduanya masuk dalam kategori hanya 'Good'," tulis laporan tersebut, seperti dikutip Uzone.id, Selasa, 2 Juni 2020.

Baca juga: Soal Kualitas Internet, Telkomsel Menangkan 6 dari 7 Penghargaan OpenSignal

Terlihat bahwa tidak ada kota di pulau Jawa yang masuk dalam peringkat 10 besar. Nilai tertinggi di pulau Jawa adalah Kota Bekasi (60,3) peringkat ke-19, Surabaya di peringkat ke-22 dan Kota Bandung di perikat ke- 26. Ibukota Jakarta berada di peringkat ke-28.

"Selain Kota Sorong, kota Ambon dan Jayapura menduduki posisi 3 teratas untuk pengalaman menggunakan layanan video internet terbaik. Ketiganya berada di kategori peringkat Very Good. Ini berarti bahwa pengguna di tiga kota ini rata-rata mengalami waktu pemuatan yang lebih cepat dan hanya lamban sesekali saja dibandingkan dengan kota-kota lainnya," tulis OpenSignal.

OpenSignal juga menemukan pengalaman video di daerah perkotaan Indonesia berkisar dari Fair (40-55) hingga Very Good (65-75), tergantung pada lokasinya. Sebagian besar pengguna di kota-kota menikmati Pengalaman Video yang baik.

Total ada 44 kota yang disurvei. Rata-rata kota tersebut merasakan pengalaman streaming video yang baik (good), dengan skor antara 55-65 poin. Ini artinya banyak pengguna di daerah perkotaan Indonesia yang menikmati pengalaman streaming video yang mencukupi pada resolusi lebih rendah, namun loading masih lambat dan terhenti khususnya pada resolusi tinggi.

"Kota dengan kategori peringkat Good adalah Tarakan, Manado, dan Gorontalo. Sayangnya, semua kota terbesar di Indonesia seperti Makassar, Palembang, Medan, Tangerang Selatan dan Kota Tangerang semuanya berada di luar 10 besar," data OpenSignal.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article