icon-category Digilife

Ada Celah Keamanan di Apple, Mahasiswa Ini Dapat Rp 1,4 M

  • 27 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Seorang mahasiswa bernama Ryan Pickren mendapatkan hadiah uang sebesar USD 100.500 atau setara Rp 1,4 miliar karena berhasil menemukan celah keamanan pada perangkat Apple.

    Pickren melaporkan dia menunjukan kepada Apple adanya kerentanan pada webcam di Mac yang membuka jalan akses bagi peretas untuk menguasai perangkat itu sepenuhnya.

    Baca juga: Ketika Para Anti-Vaksin Benci Bill Gates, Tapi Malah Rusuh di Apple Store

    Kerentanan webcam di Mac efek domino dari serangkaian masalah pada Safari dan iCloud yang diklaim sudah diperbaiki Apple. Sebelum diperbaiki, peretas dapat meluncurkan serangan dengan memanfaatkan kelemahan ini.

    "Fitur yang mengejutkan dari file-file ini adalah mereka menentukan asal web tempat konten harus di-render," tulis Pickren yang dikutip Uzone.id dari Apple Insider, Kamis (27/1).

    Pickren menjelaskan bahwa serangan tersebut dapat memberi peretas akses penuh ke semua akun berbasis web, dari iCloud hingga PayPal, ditambah izin untuk menggunakan mikrofon, kamera, dan berbagi layar.

    Baca juga: Karyawan Apple Wajib Vaksin Booster Covid-19 kalau Mau WFO

    Peretesan hacker yang sama pada akhirnya dapat memperoleh akses penuh ke seluruh sistem file perangkat. Demikian hal ini memungkinkan mereka untuk mengeksploitasi data arsip web Safari, sistem yang digunakan browser untuk menyimpan salinan situs web lokal.

    "Memang keputusan ini dibuat hampir satu dekade lalu, ketika model keamanan browser belum sematang seperti sekarang ini," kata Pickren.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini