Digilife

Sebentar Lagi Komentar Negatif Netizen Instagram Bisa Dihapus, Bye Tukang Bully!

  • 03 October 2019
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Instagram tampaknya semakin serius membantu menyehatkan mental para penggunanya.

    Sebelumnya, media sosial ini sudah menguji coba menyembunyikan jumlah likes di unggahan pengguna di beberapa negara untuk membantu mengatasi rendahnya kepercayaan diri di kalangan anak muda.

    Kini, Instagram meluncurkan fitur Restrict. Mengutip Cnet, fitur baru ini memungkinkan pengguna memutuskan komentar mana yang dapat muncul pada posting-an mereka.

    Baca juga: Ngeri Amat, Mantan Karyawan Yahoo Bobol 6 Ribu Akun Pengguna

    CEO Instagram Adam Mosseri menjelaskan bahwa pengguna aplikasi dapat menyetujui atau menolak komentar sebelum di-posting, alih-alih memblokir akunnya.

    Mosseri sempat bertanya kepada para pengguna Instagram usia remaja, kenapa gak pakai fitur yang sudah ada, kenapa gak blokir orang yang bullying.

    “Dan kami mendengar dengan sangat konsisten, terutama dari remaja, sering kali (pemblokiran) dapat memperburuk masalah," ujar Mosseri.

    Baca juga: Kebiasaan Buruk Netizen: Rela Bagikan Data Pribadi demi Kuis Online

    Jadi, Instagram memberikan solusi, yaitu pengguna dapat membatasi komentar orang lain dengan swipe ke kiri pada komentar mereka. Atau, pengguna bisa langsung mengaturnya dari halaman profil di menu Privasi (Privacy) pada menu Pengaturan (Settings).

    Ketika kamu sudah membatasi orang lain, mereka hanya bisa melihat komentar mereka sendiri, dan mereka gak sadar bahwa orang lain gak bisa melihat komentar mereka.

    Kalau mereka komentar lagi, kamu bisa See Comment untuk menghapus, mengabaikan, atau menerima komentar itu agar semua orang bisa melihatnya.

    Baca juga: Hari Gini, Masih Pakai Password Angka '123456'?

    Komentar dari akun yang dibatasi gak akan muncul di notifikasi kamu, dan direct messages akan dipindahkan ke message request. Kamu bisa melihatnya tanpa ia tahu. Kamu juga bisa “unrestrict” orang tersebut.

    Fitur Restrict telah diuji selama beberapa bulan. Fitur ini menggunakan AI untuk memberi tahu orang bahwa mereka akan mengunggah komentar yang menyakitkan dan memastikan apakah mereka yakin ingin mengunggahnya di Instagram.