icon-category Travel

Suasana Berbuka Puasa Etnis Muslim India di Tanah Deli

  • 02 Jun 2017 WIB
  • Bagikan :

    Etnis India merupakan salah satu suku yang sudah lama bermukim di Medan. Selama ini etnis India Kota Medan kerap diindentikan dengan penganut agama Hindu.

    Namun ternyata, komunitas India Muslim di Kota Medan sudah ada sejak puluhan tahun silam. Jejak India Muslim di Kota Medan sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Mereka umumnya datang dari India bagian Selatan.

    Eksistensi etnis India di Tanah Deli dibuktikan dengan peninggalan sejumlah tempat bersejarah. Salah satunya peningggalan peradaban India muslim yakni Masjid Jamik di Jalan Taruma, Kota Medan. Masjid ini diketahui sudah berdiri sejak tahun 1887.

    Memasuki bulan Ramadan, kegiatan buka puasa bersama menjadi ajang silaturahmi antara etnis India muslim dan masyarakat di Kota Medan. Tradisi ini pun sudah dilakukan sejak puluhan tahun silam.

    "Tiap hari kita adakan berbuka puasa, menunya bubur sop India, dan minuman khas India atau biasa kami sebut Chai. Menu ini sudah ada puluhan tahun," tutur Ketua Yayasan The South Indian Moslem, H Sidik Saleh di Medan, Jumat (2/6).

    Lanjut Sidik, setiap hari Minggu, etnis muslim India membuat acara buka bersama secara besar-besaran. Setiap hari mereka menyediakan ratusan menu buka puasa bagi para etnis muslim India dan warga Kota Medan.

    "Jadi kami berbuka puasa bukan hanya dengan etnis India muslim, tapi juga dengan seluruh warga Kota Medan," katanya.

    Ia juga menceritakan tentang keberadaan etnis India muslim di Kota Medan. "Kami keturunan dari India bagian selatan. Jadi daerah itu dominan muslim, dari sana asal keturunan kami," ungkap Sidik.

    Saat ini perkembangan etnis muslim India telah berkembang pesat di Kota Medan. Itu terbukti dengan banyaknya etnis India muslim yang memenuhi kawasan Kampung Madras.

    "Alhamdulillah pertumbuhan India muslim di Kota Medan berkembang pesat. Ini bukti kejayaan Islam," pungkasnya. (Nugik)

     

    Tags : India muslim ramadan puasa 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini