Digilife

WhatsApp Perpanjang Batas Waktu Persyaratan Baru hingga 19 Juni

  • 25 May 2021
  • Bagikan :
     WhatsApp Perpanjang Batas Waktu Persyaratan Baru hingga 19 Juni

     

    Ilustrasi (Foto: Alexander Shatov / Unsplash)


    Uzone.id - WhatsApp telah memperpanjang batas waktu kebijakan privasinya untuk beberapa negara menjadi 19 Juni 2021.

    Aplikasi perpesanan milik Facebook ini pertama kali menetapkan pada 8 Februari mengenai persyaratan barunya, namun diperpanjang hingga 15 Mei setelah adanya reaksi keras dan kritik dari pengguna.

    Sekarang, pelacak fitur WhatsApp WaBetainfo telah mencatat bahwa WhatsApp mengumumkan 19 Juni sebagai tanggal baru bagi beberapa pengguna karena pengguna di wilayah ini bisa mengabaikan peringatan dengan persyaratan layanan baru.

    Awal bulan ini, pimpinan regulator perlindungan data Jerman menyebut persyaratan layanan baru WhatsApp sebagai "ilegal".

    Komisaris Hamburg untuk Perlindungan Data dan Kebebasan Informasi di Jerman sebelumnya mengatakan bahwa Facebook tidak memiliki dasar hukum untuk memproses data pengguna.

    BACA JUGA: Eks Menkeu AS: Mata Uang Kripto Bisa Jadi Emas Digital

    Regulator perlindungan data menuduh bahwa WhatsApp memaksa orang untuk menerima kebijakan privasi baru meskipun dikatakan tidak akan menghapus akun pengguna.

    "Persetujuan tidak diberikan secara bebas, karena WhatsApp menuntut penerimaan ketentuan baru sebagai syarat untuk terus menggunakan fungsi layanan," katanya.

    WhatsApp dalam pembelaannya mengatakan bahwa regulator data telah salah memahami tujuan dan efek pembaruan WhatsApp.

    Sementara, di India, beberapa pengguna WhatsApp yang belum menerima persyaratan baru menghadapi kesulitan mengakses fitur panggilan.

    Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi, minggu lalu telah memberikan waktu seminggu kepada WhatsApp untuk membatalkan persyaratan layanan barunya yang akan mengambil "langkah-langkah yang diperkulakn sesuai dengan hukum".

    Kementerian Komunikasi sebelumnya telah menyatakan bahwa persyaratan layanan baru WhatsApp melanggar hukum TI.

    WhatsApp pun membalas dengan mengatakan bahwa kebijakan privasi baru tersebut sesuai dengan mereka.

    WhatsAPp mencatat di salah satu FAQ-nya bahwa itu tidak akan menghapus akun pengguna yang tidak menerima persyaratan layanan baru pada batas waktu 15 Mei.

    Namun, akan membatasi fungsinya untuk pengguna seperti mengakses daftar obrolan dan menerima panggilan.

    WhatsApp juga mencatat bahwa pesan antar akun pribadi akan tetap terenkripsi end-to-end dan hanya pesan ke akun bisnis khusus yang akan diakses untuk target iklan. (India Today)

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini