Technology

2,5 Miliar Android Beredar Sepanjang Satu Dekade

  • 09 May 2019
  • Bagikan :
    2,5 Miliar Android Beredar Sepanjang Satu Dekade

    (Ilustrasi)

    Uzone.id -- Sistem operasi Android telah hadir di tengah masyarakat sejak 10 tahun yang lalu. Malah, tahun ini usia Android memasuki angka 11 tahun lamanya. Rasanya, hampir semua orang menggunakan OS bikinan Google satu ini.

    Dalam acara konferensi tahunan Google I/O yang digelar di markas perusahaan di Mountain View, Silicon Valley, California, Amerika Serikat pada Selasa (7/5) waktu setempat, Google menyempatkan diri untuk memamerkan pencapaian baru dari Android.

    Google mengatakan, saat ini ada 2,5 miliar pengguna aktif perangkat Android. Angka tersebut tentu sangat masif dan menjadi indikasi kesuksesan pendekatan dari Android itu sendiri dalam mengakuisisi pengguna baru dan mitra hardware.

    Baca juga: Metamorfosis Nama OS Android yang Usianya 1 Dekade

    “Kami merayakan pencapaian baru ini bersama-sama,” ungkap Android Senior Director Stephanie Cuthbertson di atas panggung Google I/O seperti dikutip dari The Verge.

    Angka tersebut kabarnya berdasarkan statistik Google Play Store, jadi belum termasuk angka di luar Play Store seperti Fire OS Amazon dan perangkat Android di China.

    Pengumuman ini menjadi bagian dari momen peluncuran sistem operasi Android Q versi beta 3.

    Baca juga: Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi Duo Pixel 3a dan 3a XL

    Sekadar diketahui, jumlah pengguna perangkat berbasis Android mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Google berhasil menyentuh angka 2 miliar perangkat aktif Android pada 2017, yang juga diumumkan pada acara Google I/O.

    Uniknya, berdasarkan laporan dasbor distribusi Google pada Oktober 2018, gak sampai setengah perangkat Android yang masuk ke dalam statistik tersebut berjalan di OS Android Oreo dan Nougat, dua sistem operasi terkini dari Android. Tandanya, masih banyak pengguna yang menggunakan perangkat dengan OS Android yang agak lawas.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini