home ×
Startup

2,9 Juta Data Pengguna Pinjaman Online Cermati.com Dibobol

02 November 2020 By
2,9 Juta Data Pengguna Pinjaman Online Cermati.com Dibobol
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi/Unsplash)

Uzone.id -- Startup fintech yang bergerak di bidang pinjaman online, cermati.com dilaporkan mengalami kebocoran data. Tak tanggung-tanggung, jumlah kebocorannya mencapai jutaan data.

Hal ini mendadak viral sejak pendiri komunitas Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto mencuitkan temuannya ini pada Minggu (1/11).

Dari hasil laporannya, total data pengguna cermati.com yang kebobolan mencapai 2,9 juta data. Adapun rincian data pribadi yang berhasil bocor meliputi nama lengkap, NIK, NPWP, Email, password, alamat, nomor ponsel, pendapatan, rekening, detail pekerjaan, dan nama ibu kandung.

Dari penuturan Teguh, pihak cermati.com sudah mengonfirmasi akan hal ini dan saat ini sedang melakukan investigasi.

Jika kamu pengguna cermati.com, kamu pasti sudah menerima email terkait insiden ini. Mereka mengonfirmasi & saat ini sedang melakukan investigasi,” cuit pengguna Twitter dengan nama akun @secgron ini.

Selain itu, Teguh juga mengabarkan, salah satu sumber terdekatnya menginformasikan bahwa 2,9 juta data tersebut dijual seharga USD2.200 atau setara Rp32 juta di forum internet.

Didirikan sejak 2015, cermati.com sebagai startup digital di sektor fintech hadir untuk membantu masyarakat Indonesia agar lebih memahami ragam produk finansial yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Bagi kalian yang menggunakan layanan cermati.com, sebaiknya segera mengganti password dan tidak ada salahnya juga memakai lapisan keamanan two-factor authentication (TFA) agar akun selalu terlindungi dari aksi serangan siber oleh hacker.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article