home ×
Gadget

30 Ribu Mac Kena Malware Silver Sparrow

24 February 2021 By
30 Ribu Mac Kena Malware Silver Sparrow
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Peneliti keamanan dari Red Canary menemukan sebuah malware bernama Silver Sparrow di hampir 30 Ribu Macs. Malware ini telah membuat heboh para pengguna Mac sejak pekan kemarin.

Dikutip dari Tom’s Hardware, Rabu, 24 Februari 2021, Malware Silver Sparrow terkenal karena beberapa alasan. Diantaranya, menjadikan Apple Silicon sebagai target mereka, dibuat untuk menghapus jejaknya sendiri saat mendeteksi file tertentu seakan belum melakukan apa-apa.

Peneliti MalwareBytes dan VMWare Carbon Black berkontribusi pada temuan ini. Pada 17 Februari lalu, Data MalwareBytes menunjukkan bahwa Silver Sparrow telah menginfeksi 29.139 perangkat di beberapa negara seperti AS, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman dan 148 negara lainnya.

Baca juga: Apple Bakal Pakai Prosesor ARM di MacBook

MalwareBytes memperkirakan jika jumlah dari infeksi ini sebenarnya bisa saja lebih tinggi dari ini. Dua versi Silver Sparrow ditemukan oleh Red Canary. Versi pertama hanya menargetkan perangkat macOS yang menggunakan prosesor Intel dan versi kedua diperluas lagi termasuk menargetkan chip M1 yang baru diperkenalkan november 2020 lalu.

Ini artinya, pembuat malware ini merupakan yang pertama dalam dalam menargetkan silikon berbasis Arm milik perusahaan ini.

Tapi sejauh ini, Silver Sparrow belum beraksi sepenuhnya. Diketahui, malware versi pertama hanya berisi biner yang menampilkan pesan “Hello, World!” dan versi kedua menampilkan “You Did It!”

Ini merupakan ciri umum dari serangan-serang canggih yang menargetkan banyak perangkat. Binari-binari ini muncul sambil menunggu instruksi lebih lanjut lagi. Red Canary mengatakan binari ini kemungkinan adalah placeholder dari payload yang belum tiba.

Muatan-muatan yang hilang dikirimkan ketika pemilik malware siap, dan pemeriksaan file dapat digunakan untuk tidak memasukkan device tertentu dari operasinya. Hal inilah yang mendorong Red Canary untuk mengumumkan temuannya.

“Meski kami belum melihat tanda-tanda Silver Sparrow mengirimkan muatan bahaya tambahan lainnya, malware ini menargetkan kompatibilitas chip M1, jangkauan global, tingkat infeksi yang relatif tinggi dan kematangan operasional. hal-hal berikut menunjukkan jika Silver Sparrow merupakan ancaman yang cukup serius dan diposisikan secara unik untuk memberikan muatan yang berpotensi penuh pada saat itu juga,” ungkap pihak Red Canary, dikutip dari Tom’s Hardware.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id