Health

4 Tanda Penyakit yang Terlihat dari Wajah

  • 27 December 2017
  • Bagikan :
    4 Tanda Penyakit yang Terlihat dari Wajah

    Uzone.id - Beberapa perubahan yang terlihat di bagian wajah dapat mengindikasikan penyakit tertentu.

    Belum lama ini, peneliti dari Yale School of Medicine di Amerika Serikat menyarankan agar kerutan wajah perlu diwaspadai. Pasalnya, bisa menjadi tanda peringatan osteoporosis atau penyakit kerapuhan tulang.

    Mereka memeriksa 114 wanita pasca-menopause di usia 40-an dan 50-an, meneliti kerutan mereka dan memberikan sinar-X.

    Hasilnya, mereka dengan jumlah kerutan yang banyak memiliki tulang paling lemah.

    "Pertambahan usia menyebabkan perubahan kolagen yang menyebabkan kulit keriput dan kendur. Hal itu juga berkontribusi terhadap penurunan kualitas dan kuantitas tulang," kata salah satu peneliti Lubna Pal seperti dilansir Dailymail, Rabu (27/12). 

    "Wajah benar-benar dapat membocorkan beberapa rahasia mengejutkan tentang kesehatan Anda," ujar Dr Helen Stokes-Lampard, dari Royal College of General Doctor menambahkan.

    Wajah memerah, misalnya, bisa menjadi tanda dari  kondisi jantung yang buruk.

    Katup jantung tidak bekerja dengan benar dan dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat.

    Selain itu, masih ada beberapa tanda penyakit serius lainnya yang bisa Anda ketahui dari wajah:

    1. Mata merah

    Ada beberapa kemungkinan penyebabnya yakni iritasi, tekanan darah tinggi, dan alergi. Namun, yang paling sering terjadi adalah alergi dan iritasi karena debu. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi,  mata merah dapat menjadi tanda dari tekanan darah tinggi.

    2. Mata kedutan

    Mata berkedut yang dikenal sebagai myokymia terjadi ketika otot-otot di kelopak mata secara acak mengalami kejang setiap beberapa detik. Salah satu penyebabnya adalah stres. Pada kondisi ini tubuh berhenti menyerap vitamin B esensial, yang berguna untuk menjaga kekuatan oto mata. Mata kedutan juga bisa menjadi tanda awal dari penyakit multiple sclerosis.

    3. Lingkaran hhitam di mata

    Tanda ini bisa mengindikasikan kadar kolesterol dalam darah yang tinggi. Kolesterol juga dapat menyebabkan timbunan lemak di bawah kulit atau sekitar kelopak mata seseorang.Biasanya sering terjadi pada orang muda di bawah usia 35.

    4. Mata pucat

    Kemungkinan penyebab utamanya adalah anemia atau kurang darah. Kondisi tersebut merupakan hasil dari kekurangan zat besi yang berperan terhadap pengolahan oksigen dalam sel darah merah. Meskipun hal ini sangat jelas di mata, Anda juga bisa melihatnya di dalam mulut, kuku dan di pipi. Anemia dapat membuat Anda merasa lemah, dingin, pusing dan mudah marah. 

    Tags : penyakit wajah 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini