Gadget

4 Teknologi Unik ‘Penting Gak Penting’ yang Ramaikan CES 2022

  • 10 January 2022
  • Bagikan :
    4 Teknologi Unik ‘Penting Gak Penting’ yang Ramaikan CES 2022 Foto: AVForum

    Uzone.id – Perhelatan CES di Las Vegas, Amerika Serikat diramaikan oleh berbagai inovasi produk teknologi dan otomotif. Beberapa di antaranya menarik perhatian publik, ada juga yang diam-diam mengusung teknologi unik namun belum tentu penting-penting amat untuk kehidupan sehari-hari.

    Dari beberapa produk yang dipamerkan di CES 2022, berikut Uzone rangkum deretan teknologi unik yang menarik untuk disimak, namun belum tentu penting untuk keseharian.

    1. Bohlam pintar

    Foto: Sengled

    Mungkin kita sering mendengar konsep lampu pintar, tapi produk dari Sengled ini bisa melacak pola tidur pengguna tanpa harus mengenakan smartwatch.

    Sengled sebagai perusahaan perakit lampu, telah menyematkan teknologi radar di perangkat bohlam pintar ini yang dapat memantau pengukuran biometrik seperti detak jantung, suhu tubuh, dan tanda-tanda vital lain.

    Bohlam pintar ini juga dilengkapi beragam koneksi Bluetooth yang dapat digunakan secara bersamaan di dalam rumah dan menciptakan jaringan saling terhubung yang diklaim membantu mendeteksi perilaku manusia dan membaca jika si pengguna terjatuh dan mengirim sinyal pertolongan.

    2. Pemberi makan burung

    Foto: CNN

    Sekilas terdengar biasa saja, tapi bagi orang yang mungkin menyukai burung-burung yang sering berkunjung ke lingkungan rumah, perangkat ini bisa menjadi solusi.

    Diberi nama BirdBuddy, ini adalah perangkat untuk memberi makan burung (bird feeder) yang dilengkapi dengan kamera. BirdBuddy dilengkapi koneksi WiFi agar terhubung ke aplikasi di ponsel dan dapat menangkap foto serta merekam video jika ada burung yang berkunjung dan melahap makanan yang disediakan.

    Aplikasi BirdBuddy ini dilengkapi oleh teknologi AI yang dapat mengenali jenis burung yang dapat berkunjung.

    BirdBuddy ini dibanderol USD199 atau setara Rp2,8 juta.

    3. Teknologi pelacak bak mandi

    Foto: Kohler

    Smart bath technology yang dikembangkan oleh Kohler ini diberi nama “PerfectFill Smart Bathing” yang dapat digunakan pengguna untuk mengatur preferensi tentang suhu air mandi hingga kedalaman air yang akan mengisi bak mandi.

    Tak hanya itu, PerfectFill Smart Bathing ini juga memiliki asisten digital yang dapat berjalan sesuai perintah suara.

    Produk ini dijual mulai USD2.700 atau sekitar Rp38 juta. Mungkin produk ini cocok bagi orang yang super sibuk dan tak ada waktu memperhatikan urusan air untuk mandi.

    4. Detektor anjing peliharaan

    Foto: CNN

    Program akselerator startup milik Samsung, C-Labs, memperkenalkan aplikasi bernama Petnow yang dapat digunakan pengguna untuk mengenali pola hidung (seperti halnya sidik jari pada manusia) anjing.

    Pengguna dapat menggunakan Petnow untuk mengidentifikasi anjing peliharaan jika mereka sewaktu-waktu hilang. Aplikasi Petnow hadir sebagai cara baru ketimbang menanam microchip di dalam tubuh anjing.

    Petnow juga disebut didukung aplikasi AI untuk menganalisis kerutan unik di hidung anjing yang sifatnya tidak bisa ditiru seperti halnya sidik jari manusia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini