home ×
Startup

5 Aplikasi Kesehatan Lokal untuk Konsultasi dengan Dokter di Rumah Aja

18 May 2020 By
5 Aplikasi Kesehatan Lokal untuk Konsultasi dengan Dokter di Rumah Aja
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengimbau masyarakat untuk berobat secara online melalui aplikasi kesehatan (telemedicine) selama pandemi virus Corona (Covid-19). Jokowi menyebut aplikasi kesehatan sebagai rumah sakit tanpa dinding.

“Tidak semua orang harus ke dokter, atau ke rumah sakit, atau ke puskesmas, tetapi bisa lewat telemedicine, sehingga mengurangi risiko pada tenaga medis,” ujar Jokowi beberapa waktu lalu dalam pernyataan resminya.

Ia menambahkan, “Saya mendapat laporan bahwa sekarang beberapa perusahaan aplikasi medis sudah masuk dan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dari yang sebelumnya hanya 4 juta sekarang sudah mencapai lebih dari 15 juta orang menggunakan aplikasi ini.”

Nah, berikut ini rekomendasi aplikasi kesehatan lokal untuk konsultasi dokter secara online atau bahkan pemeriksaan awal Covid-19 di rumah aja.

HaloDoc

Halodoc adalah aplikasi kesehatan terintegrasi berbasis online yang menyediakan solusi kesehatan. Telah tersedia di perangkat Android dan iOS, Halodoc dilengkapi dengan beberapa fitur utama. Pertama, Bicara dengan Dokter (Chat with a Doctor) yang memungkinkan pasien untuk chat, video call, atau voice call dengan dokter berpengalaman dan terpercaya.

Baca juga: Dear Milenial, Jangan Sembarangan Unggah Data Kesehatan

Kedua, Beli Obat (Buy Medicines) yang merupakan sebuah layanan yang dapat membantu pengguna membeli suplemen, vitamin, dan obat-obatan dengan cepat, aman & nyaman karena diantar langsung ke tempat dengan ojek online. Pasien juga bisa upload resep fisik ke aplikasi.

Ketiga, Kunjungi Rumah Sakit (Visit a Hospital) yang memungkinkan pasien untuk membuat janji dengan dokter dari HP sehingga saat sampai rumah sakit mereka tidak perlu mengurus administrasi dan langsung konsultasi dengan dokter tanpa antri lama, dan Layanan Lab.

Kemenkes dan BNPB telah menunjuk Halodoc sebagai platform layanan kesehatan digital pertama yang meluncurkan akses ke tes cepat (rapid test) Covid-19 lewat mekanisme drive thru untuk masyarakat umum melakukan skrining awal.

Halodoc juga bekerja sama dengan Gojek, serta turut menggandeng Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai tim medis lapangan dan Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area pelaksanaan tes tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Kesehatan Biar Ramadan Tetap Prima

KlikDokter

Aplikasi kesehatan lokal lainnya adalah KlikDokter. KlikDokter adalah situs portal komunikasi, informasi dan edukasi kesehatan yang diperuntukkan bagi komunitas medis dan publik. Sejak berdiri dari tahun 2008, KlikDokter menjalankan visi dan misi menyediakan komunikasi, informasi, edukasi medis untuk masyarakat medis dan non-medis. Aplikasi KlikDokter juga telah tersedia di perangkat Android dan iOS.

Alodokter

Alodokter adalah perusahaan kesehatan digital dengan lebih dari 18 juta pengguna aktif setiap bulannya. Hadir di Indonesia sejak 2014, Alodokter menyediakan konten kesehatan terkini, chat bersama dokter, online booking platform untuk konsultasi dengan dokter dan/atau mencari rumah sakit pilihan, dan platform yang didedikasikan khusus untuk para dokter Indonesia guna meningkatkan kualitas layanan terbaik.

Seluruh layanan Alodokter tersedia dalam versi web dan mobile app dengan respon layanan cepat, serta dukungan dokter umum maupun spesialis berpengalaman yang tersebar di seluruh Indonesia. Aplikasi Alodokter telah tersedia di perangkat Android dan iOS.

Baca juga: Cara Telkom dan Pemerintah Jaga Kesehatan Psikologi Warga yang Bosan di Rumah

SehatQ

Aplikasi kesehatan lokal lainnya, yaitu SehatQ. SehatQ telah memiliki 6.848 direktori artikel kesehatan, 1.145 ensiklopedia penyakit dan obat, 28.630 direktori dokter, dan 3.009 direktori fasilitas kesehatan. Ada fitur chat dokter dalam platform SehatQ yang memungkinkan pengguna berkonsultasi dengan dokter secara online.

Melalui Aliansi Telemedika Indonesia (Atensi), SehatQ dan Kemenkes telah bekerja sama menghadirkan fitur cek risiko Covid-19 melalui situs resmi SehatQ. Pengguna bisa mengaksesnya secara gratis. 

Grab dan Good Doctor

Sama seperti platform kesehatan lainnya, Grab Indonesia dan Good Doctor telah sudah bermitra dengan Kemenkes menyediakan layanan pemeriksaan awal Covid-19. Pengguna bisa menggunakan layanan ini untuk berkonsultai dengan dokter melalui fitur GrabHealth pada aplikasi Grab.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 14:04:43

aplikasi yang benar benar bermanfaat

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id