Digilife

5 Aplikasi Video Pendek Paling Ngehits di Indonesia

  • 16 September 2021
  • Bagikan :
    5 Aplikasi Video Pendek Paling Ngehits di Indonesia

    Foto: Olivier/Unsplash

    Uzone.id – Perkembangan pengguna sosial media di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Orang-orang banyak menghabiskan waktu luangnya untuk bermain sosial media seperti Instagram, Twitter, YouTube dan TikTok.

    Kehadiran aplikasi-aplikasi video pendek juga membuat para pengguna sosial media di Indonesia semakin banyak menghabiskan waktunya di platform-platform tersebut. Bahkan, tercatat sekitar 98,6 persen warganet Indonesia merupakan penikmat konten video online.

    Baca juga: TikTok Kalahkan YouTube dalam Kategori Waktu Rata-rata Menonton

    Data ini berdasarkan laporan We Are Social dan Hootsuite yang juga menyebutkan jika sekitar 10 juta warga Indonesia menjadi pengguna aktif platform sosial media selama tahun 2021.

    Di tengah kehadiran berbagai macam platform aplikasi video pendek, ternyata ada beberapa aplikasi yang menjadi kesukaan warganet Indonesia. Berikut lima aplikasi video pendek yang paling ngehits di kalangan warganet Indonesia:

    TikTok

    Tak hanya mendapat popularitas secara global, TikTok juga menjadi yang paling populer di beberapa negara, termasuk Indonesia. Semua kalangan kini banyak menggunakan aplikasi ini untuk sekedar menonton atau bahkan membagikan momen mereka dalam bentuk video pendek.

    TikTok mencatat 732 juta pengguna aktif dari seluruh dunia dengan 10 juta di antaranya dari Indonesia.

    Fitur-fiturnya yang menarik memanjakan pengguna untuk membuat berbagai jenis konten, tak hanya ittu, pengguna bisa mendapat keuntungan berupa poin yang bisa ditukar dalam bentuk uang.

    SnackVideo

    Selanjutnya, SnackVideo menjadi aplikasi video pendek kedua yang ternyata banyak digunakan oleh warganet Indonesia.

    Sama seperti TikTok, SnackVideo menghadirkan fitur-fitur untuk mengedit video seperti musik, efek, filter duet dan lainnya. SnackVideo juga menghadirkan fitur live streaming untuk berinteraksi langsung dengan pengguna lain.

    Snack video juga menghadirkan sistem reward dimana pengguna bisa mendapat hadiah dengan mengundang pengguna baru ke platform. Para konten kreator juga bisa mendapat reward dengan cara aktif mengundang video.

    Likee

    Yang ketiga ditempati oleh aplikasi Likee. Aplikasi ini ternyata ada di bawah naungan BIGO Technology. Sama seperti aplikasi lainnya, Likee juga menawarkan berbagai fitur menarik seperti efek, filter, musik dan lainnya.

    Likee juga menghadirkan fitur live streaming di platformnya. Yang menjadi favorit pengguna adalah efek kamera FaceMagic dan Moments, fitur yang mirip dengan fitur Instagram Story.

    Reels

    Instagram telah menghadirkan fitur mirip TikTok dalam aplikasinya dengan nama Reels. Fitur ini memiliki banyak kesamaan dengan aplikasi video pendek lainnya. Fitur ini menyediakan fitur editing video, efek, filter dan musik.

    Dengan basis pengguna yang cukup banyak di Indonesia, Reels menjadi salah satu yang banyak dipakai warganet Indonesia.

    YouTube Shorts

    Yang kelima adalah platform video pendek milik Youtube. Shorts menjadi platform video pendek yang baru diluncurkan platform video YouTube. Pengguna YouTube menyambut baik fitur ini dan mulai menggunakannya untuk berkreasi membuat konten-konten menarik.

    Sama seperti kebanyakan aplikasi video pendek, YouTube Shorts juga menghadirkan banyak fitur. Seperti ciri khas YouTube pada videonya, Shorts juga menghadirkan fitur langganan, like, dislike dan berbagi.

    Tak hanya itu, untuk semakin menarik perhatian pengguna, para kreator bisa mendapatkan keuntungan dari konten original yang mereka unggah di YouTube Shorts sesuai dengan popularitas yang mereka dapat.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini