icon-category Technology

5 Benda yang Ada di Kehidupan Kamu Sehari-hari Ini Punya Fungsi Tersembunyi

  • 15 Aug 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Foto: Ilustrasi kenop kancing celana jins)

    Uzone.id - Ketika melihat satu benda atau barang yang biasa kita pergunakan setiap hari, pasti aneh rasanya jika ternyata benda tersebut memiliki kegunaan lain.

    Atau, ga usah benda deh! Hal kecil aja yang luput dari pandangan kamu, tapi ternyata punya tujuan yang ga akan pernah terpikir di benak kamu.

    Penasaran kan, apa aja itu?

    1. Lubang kecil di jendela pesawat itu krusial

    Jika kamu termasuk orang yang suka duduk di dekat jendela saat bepergian dengan pesawat, coba kamu perhatikan lubang kecil yang ada di jendela tersebut.

    Coba pikirkan, memiliki satu lubang di manapun di sebuah pesawat adalah bisnis yang berisiko. Apalagi kalau sampai ada lubang di tempat yang mungkin sekali pecah saat keadaan darurat. Jadi, untuk apa lubang itu?

    Lubang ini hampir ada di setiap lapisan jendela dan memiliki beberapa fungsi penting. Salah satunya, untuk menjaga pesawat dari kabut seperti mobil saat musim dingin, di mana suhu di luar pasti akan lebih rendah dibanding suhu dalam kabin.

    Lebih pentingnya lagi, meski mereka sudah meminimalkan tekanan di jendela terluar dengan mendistribusikannya di antara lapisan dalam, ada perbedaan jauh antara tekanan di dalam dan di luar pesawat.

    Tanpa lubang ini, kita mungkin akan lebih sering menyaksikan kecelakaan pesawat akibat jendela yang pecah, tapi untungnya tidak kan? Alhamdulillah!

    2. Kenop atau kancing di kantong celana jins agar lebih kokoh

    Jins denim yang masih sama dan tak banyak berubah sejak pertama kali diciptakan di abad ke-19 masih menjadi pakaian umum bahkan hingga tren fesyen.

    Hal itu mungkin dikarenakan jins yang kokoh dan bisa dipakai hampir di segala musim.

    Jika kamu melihat lebih teliti lagi, mungkin kamu sadar ada kenop atau kancing kecil yang ditempelkan di area kantongnya, yang mungkin tak jelas untuk apa.

    Kita hanya mengira kalau ornamen tersebut hanya untuk mempermanis tampilan jins saja, tetapi ternyata bukan itu.

    Dikenal sebagai paku sumbat, kenop ini sebenarnya ditujukan untuk menjaga semuanya utuh. Apa maksudnya?

    Pada dasarnya, jins ditujukan untuk memberi tampilan yang kokoh dibanding kebutuhan tren fesyen.

    Jika tak ada kenop tersebut, jins akan lebih mudah robek dibanding celana biasa pada umumnya, terlebih kerap dipakai oleh para profesional yang membawa perkakas berat di kantongnya seperti penebang kayu atau penambang logam.

    Kenop ini dibuat untuk melindungi kain agar tak robek saat memuat benda-benda tersebut.

    3. Wajan penggorengan memiliki lubang untuk satu fungsi

    Suka bertanya-tanya ga, kenapa ada lubang di bagian pegangan wajan penggorengan? Mungkin tanpa kamu sadari, sebenarnya tampilan ini kurang estetik dari segi desain, meski sebenarnya juga ga masalah karena bisa memudahkan kita untuk menyimpannya dengan cara menggantung.

    Tapi, sebenarnya ada loh fungsi lain yang justru menjadi alasan kenapa ada lubang di wajan penggorengan. Apa itu?

    Lubang tersebut sebenarnya adalah untuk menahan sendok kotor yang dipakai saat memasak. Kamu pasti pernah deh suka kebingungan mau taruh di mana sendok kotor yang habis dipakai memasak? Nah, itu sebenarnya fungsi lubang tadi. Apalagi kalau sendok tersebut terbuat dari plastik, dan kamu ga bisa menaruhnya terlalu lama di wajan penggorengan.

    4. Penggunaan tusuk gigi yang salah

    Siapa yang sangka kalau cara kita menggunakan tusuk gigi khas Jepang ternyata salah selama ini?

    Ga percaya? Coba deh kamu lihat tusuk gigi seperti gambar di atas. Ada bagian berongga di atasnya bukan?

    Jika kamu pikir rongga kecil tersebut hanya untuk kesan pengguna untuk memegangnya lebih baik, eits... kamu salah.

    Faktanya, fungsi rongga tersebut sebenarnya adalah untuk penyangga dari tusuk gigi yang kamu pakai saat makan. Cukup patahkan bagian atas yang memiliki rongga tadi, kemudian tempatkan tusuk gigi kamu di rongga tersebut di meja sebelum kamu makan.

    5. Lubang di tutup pulpen untuk mencegah tersedak

    Apa kamu pernah melihat lubang yang ada di tutup pulpen? Kira-kira fungsinya untuk apa?

    Kalau kamu cukup mahir, tutup pulpen ini bisa kamu jadikan peluit, loh! Tapi bukan itu maksud dan tujuan lubang tersebut.

    Lubang dalam tutup pulpen ini sebenarnya ditujukan untuk menjaga anak-anak agar tak tersedak.

    Seperti yang kamu sadari, banyak anak-anak yang suka menggunakan pulpennya untuk bermain di sekolah dan hal ini berisiko tertelan.

    Tanpa adanya lubang tersebut, tutup pulpen tadi mungkin akan membuat orang tersedak. Namun, beda cerita jika tutup pulpennya memiliki lubang.

    Lubang ini ternyata berfungsi untuk mengalirkan udara dari kerongkongan hingga bantuan darurat dari tim medis datang. Luar biasa bukan?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini